Malware Berbahaya Berkedok Cheat Game di YouTube Semakin Mengkhawatirkan

Selasa, 20 September 2022 - 11:01 WIB
loading...
Malware Berbahaya Berkedok Cheat Game di YouTube Semakin Mengkhawatirkan
Malware berbahaya disebarkan melalui tautan di deskripsi berbagai video YouTube. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cheat game menjadi barang yang banyak diburu para gamer . Dan ini rupanya dimanfaatkan para penjahat siber untuk menebar malware berbahaya yang dapat mencuri berbagai jenis kredensial dari sistem korban.

Sebuah laporan dari perusahaan keamanan siber, Kaspersky mengatakan bahwa saat ini banyak penjahat siber yang malware berbahaya dengan kedok cheat game. Aksi para penjahat ini marak dilakukan di platform YouTube.

Mereka akan memberi link atau tautan berisi malware di dalam deskripsi video YouTube yang membahas tentang cheat game. Jika tautan tersebut di-klik, maka malware akan masuk ke sistem korban dan dengan cepat melancarkan aksi peretasan.

Seperti dilansir dari TechSpot, setelah malware diaktifkan, payload yang juga dikenal sebagai RedLine akan mencuri data dari browser berbasis Chrome, Firefox, dan Chromium, termasuk informasi sensitif lainnya.

Belum lagi nama pengguna, kata sandi, cookie, dan kredensial perbankan juga akan diambil. Memungkinkan penjahat untuk mencuri informasi dari dompet kripto, perangkat lunak pesan instan, FTP, SSH, dan klien VPN.

Selain itu, Kaspersky juga menyebut kalau malware bisa saja membuka tautan di peramban bawaan sistem untuk mengunduh dan membuka program. Dari sana, malware dapat menyebar menggunakan skema yang lebih rumit.

Dikatakan bahwa para penjahat mengiming-imingi cheat game populer agar korban terpancing untuk mengaktifkan malware. Mulai dari Final Fantasy XIV, Forza, Lego Star Wars, Rust, Spider-Man, Stray, VRChat, DayZ, F12, Farming Simulator, dan banyak lagi.

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari YouTube terkait adanya malware yang menyebar di platformnya. Namun diketahui bahwa YouTube sudah menutup kanal yang dilaporkan telah disusupi oleh malware berbahaya.

BACA JUGA: Pengamat: Indonesia Butuh Lebih Banyak Hacker Baik

Dengan adanya temuan ini, maka diharapkan pengguna lebih berhati-hati lagi ketika beraktivitas di internet. Perlu diketahui juga bahwa biasanya malware berbahaya menggunakan nama file Makisekurisu.exe, cool.exe, AutoRun.exe, download.exe, dan upload.exe.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1744 seconds (10.101#12.26)