Awas, Antivirus di Google Play Store Ini Bisa Colong Rekening Anda

Senin, 12 September 2022 - 06:30 WIB
loading...
Awas, Antivirus di Google Play Store Ini Bisa Colong Rekening Anda
Hati-hati saat mengunduh antivirus untuk ponsel Android kesayangan Anda. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Bahaya, beberapa antivirus di Google Play Store ternyata bisa mencolong rekening Anda karena memiliki malware. Menurut NCC Group's Fox-IT kedua aplikasi antivirus itu adalah Mister Phone Cleaner dan Kylhavy Mobile Security.

Dikatakan mereka kedua aplikasi antivirus itu memiliki malware SharkBot. Diketahui Sharkbot sama seperti malware lainnya yang merupakan trojan keuangan yang bisa mencuri uang dan menyusup ke perangkat korbannya. Namun bedanya, Sharkbot memiliki kemampuan melakukan transaksi tidak sah lewat Automatic Transfer Systems (ATS).

Parahnya menurut NCC Group's Fox-IT, kedua aplikasi antivirus sudah diunduh lebih dari 60.000 kali. Saat ini kedua aplikasi itu telah banyak digunakan oleh pengguna Android yang ada di kawasan Spanyol, Australia, Polandia, Jerman, Amerika Serikat dan Austria.

Bagi pengguna Android yang ada di Indonesia diharapkan berhati-hati. Jadi jangan sembarangan memilih aplikasi antivirus yang diharapkan bisa menjaga performa ponsel pintar Anda.

Baca juga : Kejutan, Mobil Jenazah Jerman ini Terpilih Mengantar Ratu Elizabeth II Pulang ke Inggris

Awas, Antivirus di Google Play Store Ini Bisa Colong Rekening Anda


"Fitur ATS memungkinkan malware menerima daftar peristiwa yang akan disimulasikan dan mereka akan disimulasikan untuk melakukan transfer uang," kata analis malware perusahaan keamanan siber NCC Group's Fox_IT, Alberto Segura dari NCC Group's Fox-IT.

Lebih lanjut disebutkan fitur ATS bisa digunakan untuk mensimulasikan sentuhan dan penekanan tombol, fitur bisa digunakan bukan hanya untuk mengirimkan uang secara otomatis namun juga menginstal aplikasi atau komponen bahaya lain. Artinya ATS bisa digunakan untuk menipu sistem deteksi fraud bank yang ditargetkan.

Baca juga : Goda Para Atlet, Apple Watch Ultra Ingin Kalahkan Garmin

Awas, Antivirus di Google Play Store Ini Bisa Colong Rekening Anda


Caranya dengan melakukan simulasi urutan tindakan yang akan dilakukan pengguna, misalnya menekan tombol, klik dan gerakan untuk melakukan transfer uang secara ilegal.

Alberto Segura juga mengata mengatakan malware Sharkbot adalah perangkat lunak berbahaya yang paling sering digunakan untuk membobol rekening. Menariknya rata-rata Sharkbot ditanam di berbagai aplikasi antivirus. Dalam catatan NCC Group's Fox-IT beberapa aplikasi antivirus yang menanam Sharkbot ke ponsel pribadi di antaranya adalah Super Cleaner, Atom Clean-Booster, Alpha Antivirus, dan Powerful Cleaner.

Dia meminta kepada seluruh pengguna ponsel Android untuk segera menghapus aplikasi antivirus tadi. Untuk lebih aman segera melakukan pemeriksaan akun bank untuk meneliti transaksi yang terjadi di rekening bank.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1492 seconds (10.177#12.26)