13 Developer Game Indonesia yang Hadir di Gamescom 2022

Selasa, 30 Agustus 2022 - 20:56 WIB
loading...
13 Developer Game Indonesia yang Hadir di Gamescom 2022
Gamescome kembali hadir di tahun 2022 ini. Foto DOK Gamescom
A A A
JAKARTA - Gamescom kembali hadir di tahun 2022 ini. Untuk diketahui, Gamescom ini merupakan acara game tahunan terbesar dan terkemuka di dunia.

Event Gamescom 2022 ini kembali berlangsung secara luring setelah sebelumnya selalu digelar secara daring karena pandemi Covid-19. Adapun untuk acaranya sendiri digelar di Cologne, Jerman pada 24 hingga 28 Agustus 2022.

Baca juga : Kemenparekraf Dukung Indonesia di Gamescom dan Tokyo Game Show 2021

Dalam event ini, perwakilan Indonesia juga turut hadir dan didukung langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), iTPC Hamburg, serta Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Berikut 13 perwakilan Indonesia yang hadir dalam event Gamescom 2022 :

1. Agate

Agate merupakan perusahaan pengembangan video game Indonesia yang berdiri pada tahun 2009. Dikutip dari situs resminya, dalam beberapa tahun Agate telah membuat lebih dari 50 judul game yang tersebar di berbagai platform seperti Android, iOs, PlayStation, Nintendo Switch, hingga Steam.

Di Gamescom 2022, Agate turut hadir bersama 12 perwakilan lainnya dari Indonesia. Nantinya, kesempatan ini diharapkan bisa memajukan sekaligus memperkenalkan karya-karya Indonesia di kancah internasional.

2. Devata Game Production

Berikutnya ada Devata Game Production. Developer yang berbasis di Bali ini berdiri pada tahun 2018. Dalam misinya sendiri, mereka cukup antusias untuk membawa budaya dan cerita rakyat Indonesia ke dalam sebuah video game.

3. iOta

Dikutip dari laman Asosiasi Game Indonesia (AGI), iOta sebelumnya bernama Ayoo Kreasi. Perusahaan kreatif ini berfokus pada pengembangan game mobile. Mereka juga membuat game mobile kasual untuk tujuan branding maupun pelatihan.

4. Komodoz

Komodoz merupakan sebuah sebuah studio desain dan pengembangan yang berbasis di Indonesia. Berdiri pada tahun 2010, Komodoz membuat berbagai karya menarik seperti game, animasi, hingga industri kreatif lain di seluruh dunia.

Baca juga : Nintendo Siap Rilis Kembali Game Jadul di Game Boy dan Game Boy Color

5. Arsanesia

Arsanesia menjadi salah satu delegasi Indonesia di Gamesom 2022 Cologne, Jerman. Dikutip dari laman resminya, Arsanesia sendiri berencana menghadirkan Project Unseek. Sebuah game multipemain dengan genre horor asimetris.

6. Redamantine Studios

Awalnya, Redamantine Studios bernama Studio Ubi Jalar dan berdiri pada 2019. Developer yang berbasis di Indonesia ini berfokus pada pembuatan game yang menjunjung berbagai nilai seperti Passion, Quality, hingga Marketability.

7. Wisageni Studio

Wisageni Studio didirikan pada Januari 2015 dan berbasis di Yogyakarta. Beberapa karyanya yang sudah tersedia di Play Store diantaranya adalah Living in 2020 hingga Ngamen Nonstop.

8. Megaxus Infotech

PT Megaxus Infotech (Megaxus) merupakan perusahaan game di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2006.

Dikutip dari situs resminya, Megaxus Infotech saat ini sudah merilis 11 game online PC, 15 game mobile, serta 1 game konsol.

Selain beberapa developer diatas masih ada beberapa pengembang game lain di Indonesia yang turut hadir di Gamescom 2022. Berikut diantaranya:

9. Satriver
10. Niji Games
11. Bundar
12. Big Fire Studio
13. UMN Picture

Demikian ulasan mengenai developer game Indonesia yang hadir dalam Gamescom 2022.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7247 seconds (0.1#10.140)