7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkunci Tanpa Harus Membawa ke Tukang Service

Selasa, 30 Agustus 2022 - 17:02 WIB
loading...
A A A
4. Membersihkan Kotoran pada Keyboard

Kotoran atau debu juga dapat menyebabkan keyboard Anda terkunci karena kotoran tersebut terselip di antara sela-sela dan menghalangi kerja keyboard. Terlebih, jika Anda sering melakukan banyak aktivitas di depan laptop, seperti makan dan lainnya. Anda bisa menggunakan tisu kering dan tusuk gigi untuk membersihkan sela-sela keyboard, pastikan untuk hati-hati agar tidak merusak.

5. Memeriksa Konektor Keyboard

Hal yang mungkin terjadi selanjutnya adalah konektor keyboard tidak terhubung dengan benar, misalnya konektor renggang atau bahkan lepas setelah laptop jatuh atau terbentur. Cara ini perlu dilakukan oleh orang yang paham atau sudah ahli, sebab laptop akan dibongkar dan disusun kembali. Jika tidak yakin, bawa laptop Anda kepada ahlinya.

6. Membawa Keyboard ke Tempat Reparasi

Jika keyboard laptop Anda masih terkunci dan tidak berfungsi, setelah mencoba berbagai cara di atas. Anda dapat membawa keyboard tersebut ke tempat reparasi atau Service Center, dengan menggunakan garansi Anda akan terbebas dari biaya. Namun, jika tidak ada garansi Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp300.000 hingga Rp400.000 sesuai kerusakan yang terjadi pada segala jenis merek laptop.

7. Mengganti dengan Keyboard Eksternal

Apabila berbagai cara sudah dilakukan dan tidak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk reparasi, Anda dapat membeli keyboard eksternal, baik dengan kabel atau tanpa kabel (Nirkabel). Keyboard eksternal memiliki berbagai variasi harga mulai dari Rp50.000 hingga ratusan atau bahkan jutaan rupiah, tetapi sesuaikan lah dengan kebutuhan Anda.

Itulah berbagai cara yang dapat Anda lakukan sendiri saat keyboard laptop terkunci, semoga membantu ya.

MG/Afridha Khalila
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)