Bisa Dipakai di Thailand, Dana Dompet Digital Pertama dengan QR Cross Border

Selasa, 30 Agustus 2022 - 14:37 WIB
loading...
Bisa Dipakai di Thailand, Dana Dompet Digital Pertama dengan QR Cross Border
Aplikasi Dana kini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di sejumlah merchant di Thailand. Foto: dok Dana
A A A
JAKARTA - Dana menjadi satu-satunya penyedia jasa pembayaran nonbank yang turut serta pada peluncuran implementasi pembayaran kode QR lintas negara . Dengan begitu, Dana bisa menerapkan pembayaran lintas negara baik sebagai issuer maupun acquirer.

Standardisasi pembayaran lintas negara dilakukan lewat interkoneksi QR Code antar negara. Hal itu jadi agenda prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022. Kemudahan transaksi pembayaran lintas negara resmi diimplementasikan oleh Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) dengan melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Interkoneksi QR Code antar Indonesia and Thailand diharapkan dapat menggerakan transaksi lebih tinggi dalam membantu pertumbuhan sektor pariwisata dan UMKM.

Nantinya, pengguna aplikasi Dana di Thailand bisa melakukan pembayaran kepada beberapa merchant di Thailand seperti merchant Bangkok Bank, dengan cara memindai QR di merchant tersebut melalui aplikasi Dana.

Begitupun sebaliknya, turis Thailand yang datang ke Indonesia dan berbelanja di merchant QRIS Dana, dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi pembayaran Thailand miliknya.

”Dana menjadi dompet digital pertama yang menerapkan QR Cross Border. Kami siap menghadirkan pengalaman bertransaksi digital lintas negara yang prima,” beber Vince Iswara, CEO & Co-Founder Dana Indonesia.

Vince mengatakan, Dana kini telah dipercaya oleh lebih dari 23,5 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500.000 UMKM mitra Dana Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran.

Langkah ini memang bertepatan dengan momentum G20 yang berupaya menciptakan standardisasi sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif. Tepatnya, terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable.

BACA JUGA: Samsung Galaxy Z Flip4 Bespoke Edition Merah Putih Hanya Ada di Indonesia

Dalam perencanaannya, Bank Indonesia akan terus menambah akses interkoneksi di luar Thailand, termasuk dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina dalam waktu dekat.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1964 seconds (10.55#12.26)