Cara Mengatasi Telegram Lemot Tanpa Harus Hapus File Data

Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:59 WIB
loading...
Cara Mengatasi Telegram Lemot Tanpa Harus Hapus File Data
Cara Mengatasi Telegram Lemot tanpa harus menghapus data. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi Telegram yang lemot tanpa harus hapus file data sangat dibutuhkan bagi para pengguna mobile. Pasalnya Telegram merupakan salah satu platform layanan pesan yang sangat populer di dunia.

Aplikasi telegram ini pertama kali diluncurkan di akhir 2013 dan dapat digunakan pada perangkat android maupun Ios. Jumlah pengguna yang berhasil dicapai oleh aplikasi ini sebesar 530 juta perbulannya.



Banyaknya Pengguna yang memilih menggunakan layanan Telegram ini tentunya tidak luput dari fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi layanan pesan ini. Beragamnya fitur menarik yang ditawarkan telegram menjadi alasan aplikasi ini lebih unggul dibandingkan aplikasi layanan pesan lainnya.

Namun karena banyaknya fitur-fitur dalam telegram terkadang membuat aplikasi ini sangat lemot untuk dijalankan sehingga menyebabkan rasa bete bagi para penggunanya.

Ini dia cara mengatasi Telegram yang lemot supaya lancar lagi, yuk disimak.

1. Selalu pastikan mengupdate ulang aplikasi Telegram

Untuk mengatasi masalah adanya bug, memperbaiki error, dan meningkatkan kualitas fiturnya Telegram selalu melakukan update pada versi terbaru.

Maka jika aplikasi telegram di ponsel anda sudah lambat merespon, anda dapat melakukan update ulang melalui Google Play Store.

2. Rajin untuk menghapus data cache

Menumpuknya data cache pada aplikasi menyebabkan aplikasi menjadi lambat. Untuk mengatasi hal itu anda dapat membersihkan data cache melalui menu settings pada smartphone, kemudian pilih aplikasi Telegram, klik storage dan pilih ‘clear cache’

3. Membersihkan ruang obrolan yang tidak terpakai

Dengan menumpuk ruang obrolan yang tidak terpakai menyebabkan aplikasi menjadi berat sehingga berdampak pada kecepatan aplikasi untuk merespon.

Pada Telegram biasanya ruang obrolan seperti grup dan channel menjadi alasan utama Telegram cepat lemot. Oleh karena itu anda harus sering menghapus ruang obrolan yang tidak terpakai kembali.

4. Menonaktifkan fitur auto download dan pemutar video otomatis

Dengan mematikan kedua fitur ini selain untuk mengatasi telegram agar tidak lemot, anda dapat menghemat data internet yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa membuka pengaturan pada Telegram kemudian pilih Data dan Penyimpanan dan nonaktifkan auto pemutar video dan download pada aplikasi.

5. Keluar dari grup dan channel yang tidak penting

Apabila anda memiliki grup dan channel yang jarang untuk digunakan kembali, sebaiknya keluar dari grup dan channel tersebut, semakin banyak channel dan grup yang anda ikuti, maka kinerja Telegram pada smartphone akan semakin berat dan
menyebabkan lambat merespons.

Namun, perlu diingat untuk menghapus grup dan channel setelah anda keluar dari channel dan grup tersebut.

6. Melakukan instal ulang aplikasi Telegram

Lakukanlah penginstalan ulang pada Telegram apabila aplikasi tersebut masih lambat untuk merespon, meskipun anda sudah melakukan berbagai cara. Namun, hapuslah Telegram yang lama lebih dulu, kemudian restart smartphone dan lakukan penginstalan ulang Telegram melalui Google Play Store.

Nah, itu dia cara mengatasi Telegram yang lemot. Mudah bukan? selamat mencoba.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)