10 Cara Mengatasi Usage 100% di Windows 10, Agar Penyimpanan Tak Penuh

Selasa, 23 Agustus 2022 - 17:55 WIB
loading...
10 Cara Mengatasi Usage 100% di Windows 10, Agar Penyimpanan Tak Penuh
Cara mengatasi user 100% pada Windows 10 penting diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi user 100% pada Windows 10 wajib diketahui pengguna Windows . Seringnya, sistem kerja komputer lambat karena hard disk pada perangkat penuh. Ini jelas membuat stres dikala banyak pekerjaan.

Masalah hard disk usage 100% memang kerap kali dialami pengguna Windows. Masalah seperti ini sudah lama terjadi. Banyak pengguna yang baru saja beralih ke windows 10 mengeluhkan komputer mereka lambat dalam pengelolaan tugas. Nah, berikut ini adalah 10 metode untuk menyelesaikan permasalahan pada Windows 10:

1. Mulai Ulang Sistem
Melakukan restart ulang perangkat bisa menyelesaikan berbagai permasalahan pada komputer. Tanpa kecuali pada permasalahan hard disk usage 100% ini. Pastikan untuk menggunakan opsi “Mulai Ulang”. Tunggu sampai menyala kembali dan tunggu hingga perangkat stabil. Ini merupakan cara mendasar yang dapat Anda lakukan.

2. Nonaktifkan Window Search
Cara ini opsional untuk digunakan. Sebab, pengguna masih sangat membutuhkan Windows Search. Namun, terkadang Windows Search sering menjadi penyebab bug pada OS Windows 10 dan menyebabkan usage 100% pada hard disk. Oleh karena itu, disarankan jika tidak digunakan agar dinonaktifkan, agar kerja sistem lebih ringan. Caranya:

a. Tekan tombol Windows +R, masukkan service.msc dan tekan enter.
b. Pilih entri dari pencarian Windows dan klik dua kali pembaharuan propertinya. Terakhir, pilih nonaktifkan di bawah jenis startup dan kemudian OK untuk menyimpan perubahan.

3. Menonaktifkan Superfetch
Fitur yang dikenalkan Windows ini menganalisis pola penggunaan pada perangkat Anda. Ketika pengguna sering memakai aplikasi tertentu, superfetch akan memuat data dari program ke dalam memori perangkat. Menonaktifkan superfetch merupakan salah satu cara yang efektif dilakukan.

4. Menonaktifkan Sementara Antivirus
Amati jika antivirus meningkatkan penggunaan disk Anda. Jika demikian, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengubah paket antivirus. Mematikan sementara perangkat lunak antivirus adalah langkah lain yang harus diambil untuk menyelidiki penyebab dibalik masalah penggunaan disk 100%.

5. Ubah Indeks Pencarian Windows
Indeks pencarian Windows dapat membantu menemukan file, folder, email, bahkan beberapa konten file secara instan. Untuk melakukan itu, perangkat akan memindai hard disk dan berubah menjadi indeks cepat untuk memberi pengguna hasil yang langsung.

Dalam kasus ini, cara terbaik adalah membangun kembali indeks. Cara penggunaannya sangat gampang dengan mengklik tombol start dan ketik pengindeksan.

6. Beralihlah ke Chrome OS
ChromeOS ini adalah sistem yang dikembangkan dan dimiliki oleh google. Tampilan dan fitur yang ada pada aplikasi ini identik dengan Chrome browser yang sering dipakai oleh banyak orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)