5 Cara Cek Kamera Tersembunyi di Tempat Umum

Rabu, 10 Agustus 2022 - 19:45 WIB
loading...
5 Cara Cek Kamera Tersembunyi di Tempat Umum
Sedikitnya ada lima cara cek kamera tersembunyi yang perlu diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima cara cek kamera tersembunyi yang perlu diketahui. Seiring perkembangan teknologi , tak jarang sebagian orang memanfaatkannya untuk hal-hal yang menyalahi aturan.

Salah satunya adalah keberadaan kamera tersembunyi. Di satu sisi, pengguna kamera tersembunyi mungkin bisa bermanfaat untuk mengungkap kejadian tertentu. Hanya saja, terkadang ada sebagian orang yang menyalahgunakannya.

Baca juga : Aplikasi Ini Klaim Mampu Hitung Tekanan Darah lewat Kamera Ponsel

Dilansir dari MakeUseOf, berikut lima cara cek kamera tersembunyi di tempat umum :

1. Periksa Keadaan Sekitar

Cara termudah untuk memastikan keberadaan kamera tersembunyi adalah dengan melihat sekeliling Anda. Jika melihat sebuah benda mencurigakan atau berada tidak sesuai tempatnya, maka bisa jadi di tempat tersebut terselip sebuah kamera tersembunyi.

Tentu saja untuk memastikannya Anda harus memeriksanya sendiri. Untuk keamanan diri, ketika mengunjungi tempat baru akan lebih bijak jika Anda memeriksa keadaan sekitar terlebih dahulu.

2. Gunakan Kamera Imaging Thermal

Meskipun letaknya tersembunyi, namun benda tersebut tetaplah objek elektronik. Sehingga mengeluarkan panas saat digunakan. Layaknya sebuah ponsel atau laptop , ketika terlalu digunakan pasti akan membuatnya cukup panas.

Dalam hal ini, Kamera Termal ini bisa mendeteksi titik panas tersembunyi. Jika merasa ada benda yang mencurigakan, bisa jadi tempat tersebut telah dipasangi kamera tersembunyi.

3. Gunakan Detektor Lensa Kamera

Cara cek kamera tersembunyi di tempat umum yang berikutnya adalah menggunakan detektor lensa kamera. Sesuai namanya, detektor lensa ini bisa mendeteksi lensa kamera tersembunyi.

Teknisnya, alat tersebut bisa mencari pantulan cahaya dari lensa kamera perekam yang tersembunyi. Apabila sensornya mati, segera periksa area sekitar yang mencurigakan.

Baca juga : Rekomendasi Ponsel-Ponsel Murah dengan Kamera Ciamik

4. Gunakan Detektor Frekuensi Radio

Penggunaan Detektor ini mungkin akan efektif untuk mendeteksi hal-hal yang tidak kasat mata. Salah satunya adalah kamera tersembunyi. Dalam fungsinya, alat ini bekerja dengan merasakan gelombang radio yang kerap dipancarkan dari kamera tersembunyi.

Biasanya, sebagian perangkat tersembunyi mengeluarkan gelombang radio pada frekuensi 500 MHz hingga 6 GHz. Sedangkan detektor pada umumnya bisa memindai lebih dari frekuensi tersebut.

Akan tetapi, ketika akan menggunakannya pastikan terlebih dahulu untuk mematikan perangkat pribadi yang bisa mengganggu jalannya pendeteksian.

5. Gunakan Smartphone

Ponsel yang Anda miliki bisa menjadi salah satu alat terbaik untuk menemukan kamera tersembunyi. Dalam hal ini, sebagian perangkat mendukung kombinasi lensa kamera dan detektor RF. Sehingga Anda tidak perlu membeli alat tersebut secara terpisah.

Selain itu, terdapat juga berbagai aplikasi pendukung yang dapat membantu mendeteksi keberadaan kamera tersembunyi. Pengguna bisa mengunduhnya secara gratis maupun berbayar sesuai keinginan.

Demikian ulasan mengenai cara cek kamera tersembunyi di tempat umum. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Selamat mencoba!
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1745 seconds (10.55#12.26)