Kasus Ponsel Meledak di Ciamis, Begini Cara Merawat Baterai HP yang Benar

Senin, 08 Agustus 2022 - 18:34 WIB
loading...
Kasus Ponsel Meledak di Ciamis, Begini Cara Merawat Baterai HP yang Benar
Baterai menjadi komponen vital pada sebuah ponsel. Apalagi saat ini banyak ponsel yang menawarkan kapasitas daya baterai besar dan teknologi fast charging. Foto: ist
A A A
CIAMIS - Kasus ponsel meledak terus saja terjadi. Yang terbaru menerpa Ikmal Hamdan, bocah 9 tahun yang meninggal dunia di rumahnya di Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (3/8) dengan luka bakar di dada serta ponsel dalam kondisi berserakan. Diduga, Ikmal meninggal karena ponsel meledak .

Baterai memang menjadi komponen vital pada sebuah ponsel. Apalagi saat ini banyak ponsel yang menawarkan kapasitas daya baterai besar dan teknologi fast charging .

Nah, ada beberapa cara agar baterai ponsel bisa tahan lama dan terjaga kualitasnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Hindari kebiasaan menggunakan ponsel hingga baterainya habis terus menerus.

2. Selalu gunakan charger original bawaan ponsel. Menggunakan charger yang tidak sesuai dan diragukan kualitasnya dapat berpengaruh pada kinerja HP.

3. Jangan biarkan ponsel terpapar panas berlebihan. Apalagi, ngecas ponsel di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.

4. Jika baterai ponsel kembung (terlihat dari naiknya bodi penutup baterai), segera servis dan ganti dengan baterai asli.

5. Hindari penggantian baterai dengan parts non original.

6. Usahakan tidak meletakkan ponsel di kantung belakang, sebab saat duduk bodi ponsel bisa tertekuk dan membuat kondisi baterai berubah bentuk.

BACA JUGA: Kasus Ponsel Meledak di Ciamis, Pengamat: Penyebab Kematian Perlu Diteliti

7. Hindari menggunakan ponsel dan earphone ketika baterai dicas.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2616 seconds (11.97#12.26)