Xiaomi Kenalkan Ikat Kepala Canggih, Bisa Kontrol Perangkat Pintar Lewat Pikiran

Kamis, 04 Agustus 2022 - 21:38 WIB
loading...
Xiaomi Kenalkan Ikat Kepala Canggih, Bisa Kontrol Perangkat Pintar Lewat Pikiran
Xiaomi Kenalkan Ikat Kepala Canggih, Bisa Kontrol Perangkat Pintar Lewat Pikiran
A A A
BEIJING - Xiaomi kembali berinovasi, kali ini perusahaan asal China tersebut memamerkan produk ikat kepala yang memungkinkan penggunanya mengontrol produk smarthome lewat pikiran.

Seperti dilansir dari Gizmochina pada Kamis (4/8/2022), Produk ikat kepala canggih ini diberi nama Xiaomi MiGu. Dijelaskan bahwa ikat kepala bekerja dengan menggunakan gelombang otak penggunanya.



Ada tiga titik yang dipasang pada ikat kepala MiGu, yang membantunya menerima gelombang otak. Titik ini dapat secara kasar membaca EEG (Electroencephalography) pengguna menggunakan perbedaan potensial.

Bagi yang belum tahu, EEG adalah tes yang mengukur aktivitas listrik di otak. Dan ikat kepala Xiaomi menggunakan pembelajaran mesin berlabel artifisial untuk memetakan bentuk gelombang ini.

Menariknya lagi, ikat kepala Xiaomi MiGu diklaim tidak hanya memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat smartphone home mereka dengan pikiran, tapi juga akan memantau kondisi fisik pengguna.

Insinyur proyek Xiaomi MiGu mengatakan bahwa produk terbaru ini diharapkan bisa memungkinkan semua orang menikmati kehidupan cerdas yang lebih nyaman dengan cara interaksi yang lebih alami.

Sayangnya ikat kepala Xiaomi MiGu adalah proyek "iseng-iseng" Xiaomi yang memenangkan hackathon online Xiaomi dan tidak jelas apakah ikat kepala akan dikomersialkan atau tidak.

Bagaimanapun, produk tersebut tampaknya cukup menarik dan kemungkinan akan menarik banyak perhatian jika perusahaan memutuskan untuk menjualnya di kemudian hari.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3540 seconds (0.1#10.140)