10 Negara dengan Penipuan Online Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

Senin, 01 Agustus 2022 - 09:06 WIB
loading...
10 Negara dengan Penipuan Online Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?
Negara dengan penipuan online terbanyak penting untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Negara dengan penipuan online terbanyak penting diketahui. Sebab, Indonesia juga termasuk di dalamnya. Scam adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan skema penipuan lewat internet. Semakin berkembangnya teknologi, kejahatan scam juga meningkat.

Scammer (sebutan untuk pelaku scam) bisa bekerja sendirian maupun berkelompok. Modusnya beragam, mulai phishing, penipuan donasi, catfishing , penipuan berhadiah, dan lainnya. Nah, berikut adalah 10 negara dengan penipuan online terbanyak:

1. Pakistan
Modus penipuan yang marak di Pakistan adalah menyamar sebagai otoritas militer. Mereka mengelabuhi korban di situs kencan online hingga media sosial. Lalu, menggunakan segala cara agar korban mentransfer uangnya.

2. Brazil
Brazil mendapat sebutan sebagai “ibu kota scam dunia”. Banyak penipu yang menyamar sebagai wanita cantik dan menguras rekening korbannya. Saat Olimpiade 2016, turis di Brazil mengeluh dengan banyaknya pencopet. Ternyata, di dunia online kejahatan justru lebih parah.

3. Afrika Selatan
Scammers di Afrika Selatan mengincar nasabah bank. Menurut Pusat Kejahatan Siber Universitas Johannesburg, pada 2015 kasus penipuan yang melibatkan nasabah bank sangat tinggi. Bentuknya, lewat SMS, hingga website palsu.

4. Romania
10 Negara dengan Penipuan Online Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

Walau termasuk negara Eropa, kemiskinan dan korupsi menjadi masalah besar. Termasuk juga kejahatan siber, yang rutin terjadi di situs kencan online, phishing, dan beragam metode lainnya.

5. Venezuela
Pada 2016, Venezuela jatuh miskin dengan harga-harga naik 800 persen dan ekonomi jatuh 18,6 persen. Banyak pengangguran dan kemiskinan yang membuat orang rela melakukan apapun, termasuk kejahatan siber.

6. Indonesia
Indonesia termasuk salah satu negara dengan kejahatan siber tertinggi. Terutama, dengan tingginya pengguna internet, juga banyaknya orang yang baru pertama terhubung online yang menjadi sasaran empuk para scammers.

7. Nigeria
Kasus penipuan lewat kencan online di Nigeria memang sangat tinggi. Para penipu mengincar mereka yang haus kasih sayang, mendorong memberikan uang, hadiah, bahkan informasi pribadi.

8. India
Sama seperti Indonesia, jumlah kejahatan siber di India juga sangat tinggi. Salah satu bentuk scam terpopuler adalah melalui telepon, aplikasi, hingga media sosial.

9. China
Dengan perkembangan teknologi yang cepat dan luar biasa, kejahatan siber di China juga sangat tinggi. Baik itu pemerasan, penipuan online, hingga ancaman beragam virus kepada perusahaan.

BACA JUGA: Spesifikasi dan Harga HP Nothing Phone di Indonesia

10. Filipina
Selain Ghana dan Nigeria, kejahatan siber di situs kencan online di Filipina juga sangat tinggi. Catfishing atau menggunakan identitas orang lain sangat populer di negara tersebut, dan banyak sekali memakan korban.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1673 seconds (10.101#12.26)