Ini Produk Elektronik yang Laku Keras di Marketplace hingga Juni 2022

Jum'at, 29 Juli 2022 - 17:41 WIB
loading...
Ini Produk Elektronik yang Laku Keras di Marketplace hingga Juni 2022
Produk elektronik seperti aksesoris komputer, laptop hingga IoT terus mendapatkan popularitas di marketplace. Foto: dok Tokopedia
A A A
JAKARTA - Lampu, aksesoris komputer, laptop, serta audio menjadi beberapa sub kategori dalam kategori Elektronik yang paling dicari masyarakat Indonesia lewat Tokopedia selama semester I 2022. Demikian disampaikan oleh Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Dari sub kategori tersebut, sejumlah produk yang paling laris selama semester I 2022 di Tokopedia adalah Earphone, Speaker, Kabel dan Konektor Audio, Bohlam, Senter, Lampu Hias, Tetikus atau Mouse, Adaptor Laptop dan Meja Laptop.

Di sisi lain, Penguat Sinyal TV, Frame Digital, Alat Pembersih Kamera, Kartu Memori dan Kabel Front Panel merupakan beberapa produk elektronik yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi selama semester I 2022, dibandingkan dengan periode yang sama di 2021.

Bahkan, ada sejumlah produk yang peningkatan transaksinya hampir mencapai 13 kali lipat.

Menurut Ekhel, tren di atas turut didorong oleh sejumlah kampanye berpendekatan Hyperlocal yang dihadirkan Tokopedia. Misalnya, Tokopedia Tekno yang menghadirkan berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah.

”Kemudian ada Super Gadget Day dimana masyarakat bisa mendapatkan berbagai pilihan gadget menarik serta Mega Electrodeals yang menyediakan deretan produk elektronik pilihan,” ujarnya.

Ekhel menyebut bahwa tokopedia memiliki 12 juta penjual dan hampir 100% UMKM lokal, termasuk yang menjual produk elektronik.

”Kami terus berupaya memberi panggung seluas-luasnya kepada penjual dengan mendekatkan mereka ke pembeli setempat melalui inisiatif Hyperlocal, yang mengedepankan teknologi geo-tagging,” tambah Ekhel.

Ada perubahaan terhadap kebiasaan belanja online masyarakat Indonesia akan produk elektronik sepanjang semester I 2022 dibandingkan semester I 2021, berikut rinciannya:

1. Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Kabupaten Kulon Takalar, Biak Numfor dan Humbang Hasundutan,
2. Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli tertinggi: Kabupaten Jeneponto, Asmat dan Takalar.
3. Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Kabupaten Kulon Progo, Madiun dan Brebes.



Salah satu turunan lain dari inisiatif Hyperlocal adalah layanan pemenuhan pesanan, gudang pintar Dilayani Tokopedia, yang kini sudah ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah ke depannya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3387 seconds (0.1#10.140)