Cara Membuka Rekaman CCTV yang Hilang atau Terhapus dengan Mudah

Jum'at, 22 Juli 2022 - 21:02 WIB
loading...
Cara Membuka Rekaman CCTV yang Hilang atau Terhapus dengan Mudah
Cara membuka rekaman CCTV yang hilang atau terhapus. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Setelah dinyatakan rusak dan ada pihak yang mengganti, Tim khusus investigasi menemukan rekaman CCTV penembakan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J di rumah dinas eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo .Terkait penemuan itu, Polri berjanji akan membuka secara utuh ke publik.

Terdapat beberapa alasan mengapa rekaman CCTV bisa terhapus sedangkan kita tidak pernah berniat menghapusnya.



Alasan utama menghilangnya rekaman CCTV ini adalah kapasitas penyimpanan yang sudah penuh hingga kemudian menggeser bahkan menghapus rekaman lama dari tempat penyimpanan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memeriksa kapasitas penyimpanan rekaman CCTV dari waktu ke waktu.

Berikut Cara Membuka Rekaman CCTV yang Hilang atau Terhapus

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar rekaman CCTV yang hilang bisa kembali seperti sedia kala. Langkah-langkah tersebut antara lain:

1.Pertama, unduh atau download terlebih dulu aplikasi PC Inspector File Recovery sebagai media pembantu pengembalian rekaman CCTV yang hilang.

2. Kemudian, sambungkan HDD atau hard disk CCTV pada komputer atau laptop Anda.

3.Selanjutnya, jalankan program PC Inspector File tersebut di laptop atau komputer. Terdapat tiga opsi atau pilihan yang tersedia. Antara lain Recover Deleted Files, Find Lost Data, dan Find Lost Drive. Dalam kasus ini, klik opsi Recover Deleted Files.

4. Apabila Anda ingin menemukan file yang terhapus dan mayoritas berada dan tersimpan di Local Disk D, maka pilih disk tersebut dan klik opsi OK.

5. Lalu, Anda dapat menunggu beberapa saat sementara sistem melakukan scanning. Durasi scanning berdasarkan ukuran file yang terdapat di dalam driver komputer tersebut.

6.Jika scanning telah selesai, maka akan muncul file yang ingin kembali pada layar. Apabila file tersebut berstatus Good, maka dapat kembali seperti semula.

7. Selanjutnya, pilih file atau rekaman yang ingin Anda kembalikan. Jika sudah, klik kanan dan pilih Save To. Jangan lupa mengarahkan kursor ke tempat penyimpanan yang Anda inginkan, ya.

8.Tunggu beberapa saat kembali selagi sistem melakukan perpindahan file. Akan muncul pemberitahuan apabila file atau rekaman yang Anda inginkan sudah selesai dipindahkan.

9. Voila! Rekaman CCTV yang hilang sudah kembali dengan baik dan bisa Anda gunakan sewaktu-waktu seperti semula!

Seperti yang dijelaskan di atas, maka kemungkinan besar file tersebut tidak bisa dikembalikan seperti semula dengan cara apapun maupun aplikasi manapun.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2887 seconds (0.1#10.140)