Tak Menyesal di Kemudian Hari, Berikut 5 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Membeli Laptop Baru

Senin, 11 Juli 2022 - 09:25 WIB
loading...
Tak Menyesal di Kemudian Hari, Berikut 5 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Membeli Laptop Baru
Sebelum membeli laptop baru ada hal-hal yang harus diperhatikan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Di era digital seperti saat ini, laptop seakan sudah menjadi kebutuhan primer. Laptop terbukti memudahkan pekerjaan baik pelajar maupun pekerja. Laptop mudah untuk dibawa dan fleksibel. Laptop atau Notebook adalah alat terbaik untuk melakukan pekerjaan karena dapat mudah dibawa sehingga bisa dioperasikan kapan pun dan dimana pun.

Seiring dengan permintaan pasar yang tinggi terhadap laptop, produsen pun menciptakan berbagai varian laptop yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Namun, banyaknya pilihan ini seringkali justru membuat kita menjadi bingung. Karenanya, agar tidak menyesal, berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membeli laptop baru.

Perhatikan spesifikasi laptop

Ini merupakan salah satu faktor terpenting yang harus dipikirkan sebelum membeli laptop baru. Setidaknya, ada empat hal yang harus pertimbangkan, yakni tipe prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan. Makin tinggi spesifikasi yang dipilih tentu akan berdampak terhadap harganya. Oleh karena itu, pastikan budget kamu sesuai ya!

Perhatikan konektivitas laptop

Saat ini, WiFi menjadi salah satu hal yang orang butuhkan. Karenanya, kamu disarankan mencari laptop dengan kelengkapan konektivitas. Selain dibekali dengan koneksi WiFi, setidaknya, pilihlah laptop yang punya tiga buah port USB. Serta tak kalah penting memiliki port pendukung lain seperti LAN dan HDMI/VGA.



Cek kapasitas baterai

Poin ketiga ini menjadi salah satu pertimbangan penting yang wajib diperhatikan saat membeli laptop baru. Rata-rata, laptop yang dijual memiliki daya tahan baterai kira-kira 6 - 8 jam. Harus diakui, ketahanan baterai agak sulit diukur karena tergantung pemakaian laptop, apilkasi yang dijalankan, serta jenis prosesor yang dipakai.

Karenanya, sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasan soal laptop yang ingin kamu beli. Pastikan juga kamu mampu merawat baterai laptop sebaik mungkin supaya performanya tetap oke. Misalnya, tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis atau 0%, baru di-charge, atau menge-charge laptop dalam keadaan mati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)