Bill Gates Sebut Investor NFT sebagai Orang Paling Bodoh

Kamis, 16 Juni 2022 - 20:35 WIB
loading...
Bill Gates Sebut Investor NFT sebagai Orang Paling Bodoh
Kembali kritik industri Metaverse, Bill Gates sebut investor NFT sebagai orang bodoh. FOTO Ilustrasi/ IST
A A A
TEXAS - Orang terkaya keempat di dunia, Bill Gates kembali melontarkan pernyataan kontroversial. Baru-baru ini ia mengatakan bahwa investor NFT adalah orang yang benar-benar bodoh.

Hal ini ia ungkapkan dalam sebuah sesi tanya jawab. Tak hanya itu, ia menyebut NFT dan aset sejenisnya sebagai aset yang berbasis pada teori kebodohan yang ia sebut "greater fool theory".



Menurutnya, satu-satunya cara untuk menghasilkan keuntungan pada aset NFT ini hanyalah dengan menemukan orang idiot lain di luar sana yang mau membelinya dengan harga lebih tinggi.

"Aset-aset seperti itu 100% berdasar kepada sejenis teori kebodohan bahwa seseorang akan membayar lebih banyak daripada yang saya lakukan," kata Gates dikutip dari Gizmodo, Kamis (16/6/2022).

"Saya lebih terbiasa dengan kelas aset seperti pertanian yang jelas-jelas memang menghasilkan, atau perusahaan tempat membuat sebuah produk,” lanjutnya menambahkan.

Bagi seorang investor NFT atau sejenisnya, nilai aset hanya naik jika mereka mendapatkan lebih banyak orang untuk membeli pada tahap selanjutnya dalam permainan daripada yang telah mereka lakukan.

Tapi Gates tidak sependapat dengan itu. Ia menilai tidak ada satu poin pun untuk menganggap NFT merupakan aset investasi yang menjanjikan baik itu dalam jangka pendek atau panjang.

Gates bahkan mencurigai bahwa aset-aset tersebut memang dirancang untuk menghindari pajak atau regulasi pemerintah.

Untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya Gates secara terbuka mencemooh aset NFT dan sejenisnya. Pada tahun 2018 dia mengatakan mata uang blockchain telah membunuh orang secara langsung.

Gates seperti tak ada lelahnya memperingatkan orang agar berhati-hati ketika berinvestasi di aset digital tersebut. Dan peringatan itu tampaknya telah berhasil karena nilai kripto terus menurun.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)