15 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi di 2022, Dijamin Tahan Seharian!

Senin, 06 Juni 2022 - 15:04 WIB
loading...
15 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi di 2022, Dijamin Tahan Seharian!
Cara menghemat baterai HP Xiaomi membuat Anda bisa lebih lama beraktivitas. Foto: dok Xiaomi Indonesia
A A A
JAKARTA - Cara menghemat baterai HP Xiaomi penting untuk diketahui pengguna. Sebab, sebagus apapun performa HP jika baterai cepat habis maka tidak akan bisa dipakai. Begitu juga sebesar apapun kapasitas baterainya jika dipakai serampangan juga akan habis tak sampai sehari.

Nah, ada trik yang bisa dilakukan oleh para Mi Fans untuk menghemat penggunaan baterai mereka. Dengan melakukan trik ini, maka dijamin baterai HP Xiaomi bisa bertahan hingga seharian. Berikut tipsnya:

1. Matikan Semua Konektivitas Tidak Perlu
Semua konektivitas mengonsumsi energi baterai. Karenanya, matikan semua fitur-fitur yang tidak dipakai. Antara lain WiFi, NFC, GPS, Bluetooth, Mi Share, Hot Spot WiFi, dan lainnya.

2. Auto Brightness
Sumber konsumsi baterai terbesar ada pada kecerahan layar. Untungnya, Xiaomi lansiran terbaru sudah dibekali Auto Brightness. Ini adalah sensor di layar yang dapat mengenali siang, malam, terang, atau gelap. Lalu, layar mengatur kecerahan otomatis.

3. Kecerahan Layar
Selain Auto Brightness, pengguna juga bisa mengatur kecerahan layar manual. Sebisa mungkin atur kecerhanan paling minim. Dibawah 20 persen lebih baik. Yang penting masih nyaman dan terlihat mata.

4. Battery Saver
Nyalakan fitur penghemat baterai otomatis Battery Saver. Saat aktif, maka Battery Saver otomatis mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang sekaligus menurunkan kinerja HP agar performanya lebih efisien.

5. Gunakan Refresh Rate Rendah
Ponsel terbaru Xiaomi, terutama di kelas midrange sudah dibekali refresh rate antara 90 Hz hingga 120 Hz. Refresh rate tinggi membuat layar jadi lebih smooth atau mulus, tapi juga boros baterai. Karena itu, turunkan refresh rate ke 60 Hz agar hemat.

6. Gunakan Fitur Fix Battery
Masuk ke menu Settings, pilih Battery & Performance, lalu tekan tombol Fix Battery Usage Issue. Fitur ini akan memperbaiki jika ada masalah di baterai, atau ada aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan membersihkan cache serta aplikasi yang membuat kinerja baterai tidak optimal.

7. Power Saving
Power Saving akan membuat HP hanya bisa menjalankan aplikasi ringan. Fitur ini sangat efektif untuk membuat baterai lebih hemat.

8. Matikan Mode Getar dan Suara
Getaran dan suara bisa membuat baterai boros. Karena itu, matikan mode getar pada HP Xiaomi serta setel nada dering ponsel di volume rendah. Jika perlu, pasang mode Silent.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2754 seconds (11.252#12.26)