Membedah Dua Jenis Drone yang Digunakan Swiss untuk Mencari Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare

Minggu, 29 Mei 2022 - 13:10 WIB
loading...
A A A
Saat ini di pasaran sudah tersedia beberapa drone yang menggunakan kamera thermal. Beberapa di antaranya adalah DJI Mavic 2 Enterprise Dual, Autel Evo 2 Dual, DJI Zenmuse XT2 untuk DJI M200 Series, Yuneec CGOET Thermal Vision Camera, dan FLIR Duo Pro R.

2. Drone DEM (Digital Evaluation Model)
Membedah Dua Jenis Drone yang Digunakan Swiss untuk Mencari Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare


Drone DEM merupakan pengembangan dari teknologi drone yang ada saat ini. Mengingat tujuannya jauh lebih kompleks, yakni merekam dan mencitrakan kontur permukaan suatu objek, maka drone ini dilengkapi banyak teknologi canggih.

Hal ini diperlukan karena pencitraamn yang dilakukan drone DEM tidak berbentuk dua dimensi seperti yang biasa ditampilkan drone-drone lain. Drone DEM akan menampilkan satu objek secara utuh dengan tampilan tiga dimensi.

Dari situlah diperlukan ebebrapa teknologi terkini seperti LiDAR (Light Detection and Ranging), laser, radar dan juga kamera thermal.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, drone ini memang perlu terbang rendah. Jadi sangat berbeda dengan drone-drone lain yang banyak memindai dari ketinggian.

Pemindaian dilakukan oleh LiDAR, laser dan Radar untuk menggambarkan setiap bentuk permukaan yang mereka deteksi. Begitu juga dengan kamera thermal yang berupaya melakukan pencarian radiasi infra merah.

Beberapa penelitian ilmiah menurut Springer sudah menggunakan drone jenis ini. Seperti yang dilakukan Zinke dan Flener pada 2013 ketika mendapatkan data batimetri sungai di Norwegia.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)