Begini Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Senin, 23 Mei 2022 - 22:53 WIB
loading...
A A A
Usahakan juga untuk tidak terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika laptop startup, karena ini akan menjadi penyebab laptop lemot.

4. Tambah Kapasitas RAM
Menambah kapasitas RAM juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi laptop lemot. Kapasitas RAM laptop yang semua 4 GB, bisa ditambah menjadi 8 GB atau 16 GB.

Tentu ini perlu tambahan biaya yang tidak murah, jadi jangan sembarangan menambah kapasitas RAM. Perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop.

5. Pakai Cooling Pad atau Cooling
Laptop yang panas juga bisa menyebabkan kinerja melambat. Untuk itu perlu menggunakan cooling pad sebagai kipas tambahan yang bermanfaat untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas.

6. Ganti Memori HDD Menjadi SSD
Salah satu penyebab laptop lemot adalah karena laptop masih menggunakan hardisk HDD yang memiliki kecepatan data relatif lambat. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kamu mengganti penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD.

7. Lakukan Pembersihan Drive C
Laptop yang sudah berusia 3 tahun ke atas kinerjanya akan menurun. Salah satu solusi untuk ini adalah dengan melakukan pembersihan pada drive C.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3184 seconds (0.1#10.140)