Tumbuhan Ganggang Hijau Mampu Hidupkan Komputer Selama 6 Bulan

Kamis, 19 Mei 2022 - 05:02 WIB
loading...
A A A
Meskipun ganggang bergantung pada sumber cahaya untuk memberi makan, bio-sistem terus menghasilkan daya yang cukup untuk menjalankan mikroprosesor dalam gelap. Para ilmuwan pada dasarnya menghubungkan fenomena ini dengan stok makanan. Ketika ada cahaya, cyanobacteria aman memasak makanan yang berlimpah untuk disimpan.

Komputer, mikroprosesor yang disebut Arm Cortex-M0+, menarik rata-rata 1,05 mikrowatt, dan arus listrik 1,4 mikroamp, dengan tegangan 0,72 V dari kubus siano selama percobaan. Sebagai perbandingan, baterai AA standar memulai masa pakainya dengan 1,5V, yang berkurang seiring penggunaan.

Meskipun hasil eksperimen menjanjikan, penting untuk diingat bahwa prosesor komputer yang diuji menggunakan sangat sedikit energi, yaitu hanya membutuhkan 0,3 mikrowatt untuk dijalankan. Jadi temuan ini belum sepenuhnya apat diandalkan, bahkan untuk menyalakan bola lampu LED yang menggunakan sekitar 10 watt.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui dengan tepat seberapa besar perangkat berukuran baterai AA kecil dapat ditingkatkan.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)