Android 13 Akan Dibekali Teknologi Deteksi Gempa Bumi

Selasa, 17 Mei 2022 - 00:03 WIB
loading...
Android 13 Akan Dibekali Teknologi Deteksi Gempa Bumi
Android 13 akan pakai teknologi deteksi Gempa Bumi. FOTO/ IST
A A A
CUPERTINO - Google akan bekali teknologi baru di sistem operasi (OS) Android 13 yakni peringatan gempa bumi. Kabar tersebut disampaikan, dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O.

Dalam penjelasanya, fitur baru yang dikembangkan built-in di Android 13 ini punya dua bagian utama. Seperti dilansir dari Gizchina, Senin (16/5/ 2022).


pendeteksian gempa ini akan menggunakan akselerometer yang ada di smartphone saat ini yang akan mendeteksi perubahan yang relevan bisa menentukan terjadinya gempa bumi.

Nantinya saat smartphone mendeteksi adanya gempa bumi, maka akan dikirimkan sinyal ke layanan pendeteksi gempa bumi Google dan melaporkan kemungkinan lokasinya.

Kemudian, server akan lakukan kombinasi dengan berbagai informasi sehingga diketahui apakah gempa bumi benar-benar terjadi.

Kemudian sistem akan menentukan di mana lokasi gempa bumi dan seberapa besar skalanya. Terakhir, sistem akan mengirimkan peringatan atau menghubungi kontak darurat.

Tetapi fitur seperti ini, bukan hal baru bagi pengguna smartphone di China. Bahkan sebelumnya, Xiaomi, Huawei, atau smartphone lainnya telah memiliki sistem peringatan gempa bumi yang ditersedia secara built-in di ponsel.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5329 seconds (0.1#10.140)