Ini Dia Astronot Pertama yang Main TikTok dari Stasiun Luar Angkasa Internasional

Sabtu, 07 Mei 2022 - 19:57 WIB
loading...
Ini Dia Astronot Pertama yang Main TikTok dari Stasiun Luar Angkasa Internasional
Astronot Badan Antariksa Eropa Samantha Cristoforetti membagikan video TikTok pertama dari Stasiun Luar Angkasa Internasional saat ia memulai misi enam bulan di orbit pada 5 Mei 2022. Foto/Samantha Cristoforetti/ European Space Agency via TikTok
A A A
PARIS - Astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) Samantha Cristoforetti telah membawa TikTok ke level baru dengan memposting video dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Kamis 5 Mei 2022. Cristoforetti adalah bagian dari misi Crew-4 SpaceX, yang tiba di lab yang mengorbit pada 27 April 2022 untuk masa tinggal enam bulan.

Dalam video TikTok berdurasi 88 detik, Cristoforetti membawa pemirsa melalui peluncuran Crew-4. Kemudian, memperkenalkan pada dua indikator nol-g misi, kura-kura mewah bernama Zippy dan boneka monyet bernama Etta.

“Ikuti saya untuk berani pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi TikToker sebelumnya. Etta adalah kependekan dari 'scimmietta', yang merupakan bahasa Italia untuk 'monyet kecil',” kata astronot Badan Antariksa Eropa itu dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Sabtu (7/5/2022).



Cristoforetti menuturkan bahwa beberapa hari pertama Kru-4 di stasiun sangat sibuk, karena para astronot berusaha mempelajari semua yang mereka bisa dari tim Kru-3 yang akan segera berangkat kembali ke Bumi. Kru-3 meninggalkan stasiun pada Kamis 5 Mei 2022 dan meluncur ke lepas pantai Florida sehari kemudian.

“Pertanyaan apa yang Anda miliki tentang kehidupan di stasiun luar angkasa?” tanya Cristoforetti kepada penontonnya di akhir video, saat dia melayang di depan salah satu jendela lab yang mengorbit. “Beri tahu saya di komentar. Dan ingat: Ikuti saya untuk berani pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi TikToker sebelumnya.”

Ini bukan hal mengejutkan, sebab pejabat ESA mencatat sebelum peluncuran kru-4 bahwa Cristoforetti adalah astronot profesional pertama yang pernah ada di platform TikTok. Cristoforetti telah memposting sejumlah video penjelajah luar angkasa di TikTok, tetapi video yang diposting pada Kamis 5 Mei 2022 merupakan yang pertama dia rekam di ISS.

Peluncuran kru-4 memulai penerbangan luar angkasa kedua Cristoforetti; dia sebelumnya tinggal di stasiun luar angkasa dari November 2014 hingga Juni 2015. Namun, saat itu belum ada TikTok; platform ini pertama kali dirilis pada tahun 2016.



Video baru ini mungkin merupakan TikTok pertama, tetapi jauh dari media sosial pertama yang dibagikan dari luar angkasa. Banyak astronot, termasuk Cristoforetti, mencatat pengalaman mengorbit mereka secara real time melalui Twitter.

Astronot pertama yang menggunakan Twitter di luar angkasa adalah astronot NASA Michael Massimino. Dia menulis tweet dari luar angkasa pertama selama misi servis Teleskop Luar Angkasa Hubble STS-125 pada Mei 2009.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1947 seconds (0.1#10.140)