Perbedaan dan Plus Minus LED Projector, Laser Projector, dan Lamp Projector

Minggu, 01 Mei 2022 - 19:05 WIB
loading...
A A A
2. Harga
Lamp Projector paling terjangkau, sementara LED Projector dan Laser Projector pada umumnya masing-masing dianggap terjangkau dan relatif mahal. Namun dalam hal total biaya kepemilikan (TCO) justru imbang. Sebab Lamp Projector memiliki potensi penggantian dan perbaikan paling tinggi. Laser Projector lebih baik meski harganya tinggi.

3. Efek Cahaya Pelangi
Proyektor tak lepas dari permasalahan. Masalah terbesar adalah efek cahaya pelangi (rainbow effect). Lamp Projector dan Laser Projector menggunakan filter warna, atau kaca roda warna (color wheel), untuk mengatur proyeksi cahaya sesuai kebutuhan.

Karenanya ada saat dimana kaca roda cahaya terlalu lambat, dan proyeksi gambar memunculkan warna yang tak diinginkan, yang disebut efek pelangi. Lamp Projector dan Laser Projector punya kemungkinan menimbulkan efek cahaya pelangi, sedangkan LED Projector dapat meminimalisir efek tersebut.

4. Kecerahan
Perbedaan dan Plus Minus LED Projector, Laser Projector, dan Lamp Projector

LED Projector memberikan fitur, harga, dan durabilitas yang paling seimbang.

Tingkat kecerahan diukur menggunakan lumens dari American National Standards Institute (ANSI). Semakin tinggi angkanya, semakin cerah. Lamp Projector memiliki lebih dari 2.000 ANSI lumens.

Laser Projector lebih dari 3.500. Sebaliknya LED Projector hanya memiliki maksimum 2.000 ANSI lumens. Namun, LED mampu melampaui efisiensi numerik dengan kualitas tampilan gambar lebih tinggi.

5. Presentasi Warna
LED Projector, Laser Projector, dan Lamp Projector — seluruhnya menggunakan standar warna sama, Rec. 709. Meski, LED Projector selangkah lebih maju dengan kemampuan saturasi warna hingga 125% dari angka normal.

6. Waktu Power-up
LED Projector dan Laser Projector, atau lamp-free projector, menawarkan kemampuan on/off instan. Tapi tidak dengan Lamp Projector, yang perlu waktu warm-up dan cool-down sekitar 2 menitan sebelum dan sesudah digunakan.



7. Ukuran dan Suara
Perbedaan dan Plus Minus LED Projector, Laser Projector, dan Lamp Projector

Laser Projector paling mahal dan paling tahan lama.

LED Projector juara dalam hal ini, dengan desain yang kompak dan peringkat kebisingan mesin rendah. Sedangkan Laser Projector memiliki ukuran sedikit lebih besar dan lebih bising karena elemen termal pada sistem proyeksi laser. Dari sisi ukuran, Lamp Projector berada di antara keduanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)