Daftar Negara Produsen Smartphone Terbesar di Dunia

Selasa, 19 April 2022 - 14:41 WIB
loading...
Daftar Negara Produsen Smartphone Terbesar di Dunia
Negara produsen Smartphone terbesar di dunia. FOTO/ IST
A A A
Ada 5,16 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia, menurut data terbaru GSMA Intelligence. China memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar diikuti dengan India.

Lantas dengan jumlah pengguna smartphone yang begitu besar, negara mana saja yang dengan gencar turut membantu memasok smartphone di seluruh dunia?

BACA JUGA - Apple Kembali Kuasai Pasar Smartphone Dunia

Berikut adalah lima negara produsen smartphone terbesar di dunia, melansir dari laman Jagranjosh, Selasa (19/4/2022):

1. China

Selain memiliki jumlah pengguna smartphone terbesar di dunia, China juga merupakan produsen smartphone terbesar di dunia dengan ketersediaan sumber daya yang berlimpah.

Negara yang satu ini memiliki 16 dari 17 material yang diperlukan untuk memproduksi smartphone. China juga memiliki tenaga kerja murah yang melimpah.

2. Jepang

Jika China terkenal dengan kuantitasnya, maka Jepang terkenal dengan kualitasnya. Seperti yang kita ketahui, ada banyak teknologi mutakhir lahir di Jepang dan konsumen memikiki kepercayaan penuh pada produk buatan Jepang.

Sony adalah produsen smartphone terbesar di Jepang. Ini terkenal dengan lini Xperia-nya, dan yang terbaru adalah smartphone Xperia X. Sony memiliki 10% pangsa pasar di Jepang.

3. Korea Selatan

Korea Selatan dikenal sebagai negara asal pemimpin smartphone global, Samsung. Perusahaan yang satu ini memiliki pangsa 32% tertinggi di pasar global.

Seri Samsung Galaxy merupakan produk smartphone yang paling populer di dunia. Tidak salah jika dikatakan bahwa Korea Selatan merupakan pesaing terberat China di industri smartphone.

4. India

Karena populasinya yang besar, India adalah salah satu pasar smartphone paling menarik bagi banyak merek papan atas. Ada banyak merek smartphone yang menancapkan kukunya di India.

Dari Juni 2019 hingga Juni 2020, Xiaomi memiliki 26,02%, Samsung memiliki 21,13%, Mobicel memiliki 12,89% Oppo memiliki 11,16%, Realme memiliki 4,87% dan Apple memiliki 3,54% pangsa pasar di India.

Xiaomi Corporation memiliki tujuh pabrik di India. Xiaomi telah menjual 99% smartphonenya yang dibuat di India.

5. Taiwan

Taiwan juga merupakan salah satu produsen smartphone terkemuka di dunia. Di negara inilah lahir merek-merek terkemuka seperti HTC, ASUS, Zenfone, dan Acer.

HTC terutama diproduksi di Taiwan tetapi memiliki reputasi yang baik di pasar global. Beberapa unit HTC juga diproduksi di India.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1887 seconds (11.252#12.26)