Smartphone Meledak Saat Pesawat Mengudara, Api Membara di Kabin

Senin, 18 April 2022 - 17:09 WIB
loading...
Smartphone Meledak Saat Pesawat Mengudara, Api Membara di Kabin
Ilustrasi barisan maskapai penerbangan. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Insiden smartphon e meledak kembali terjadi. Kali ini begitu menyeramkan lantaran terjadi di dalam pesawat yang tengah mengudara pada Kamis kemarin.

Insiden pertama kali dilaporkan situs berita MySmartPrice. Ini terjadi di pesawat IndiGo 6E 2037, yang membawa penumpang dari Dibrugarh ke New Delhi.

BACA JUGA - Ditinggal Nge-charge, HP Meledak dan Hangus 1 Indekos di Bekasi

Peristiwa berawal saat pada penerbangan Indigo berangkat dari Dibrugarh, Assam pada pukul 09:36 IST dengan jadwal tiba di New Delhi sekitar pukul 12.53 IST.

Melansir dari Gizchina, saat kejadian seorang kru pesawat melihat percikan api dan asap keluar dari smartphone penumpang.

Dia segera menggunakan alat pemadam api dan berhasil memadamkan api. Beruntung meskipun insiden terjadi di udara, penerbangan tidak mengalami gangguan.

Pejabat regulator penerbangan Ditjen Perhubungan Udara (Ditjen Perhubungan Udara) mengklarifikasi bahwa kru pesawat menyiramnya dengan bantuan Entighiser api.

Perusahaan mengklaim telah melatih para kru pesawat sehinggabkeadaan darurat dapat diatasi. Jika itu terjadi sebelum penerbangan, maka itu bisa dibatalkan.

Tidak ada penumpang yang terluka akibat kobaran api. Dan menariknya, identitas smartphone masih menjadi misteri hinga saat ini.

Meskipun sulit untuk membuktikan penyebab kebakaran, kemungkinan besar hal ini bisa terjadi karena kerusakan baterai smartphone.

Baterai di dalam smartphone masih terdiri dari bahan kimia dan ini sangat sensitif. Apalagi ketika menggunakan baterai dengan kualitas yang tidak disarankan pabrikan.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1423 seconds (10.101#12.26)