Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya Tanpa ke Tempat Servis

Kamis, 14 April 2022 - 14:17 WIB
loading...
Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya Tanpa ke Tempat Servis
Penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya perlu dipahami agar tidak mengandalkan jasa tempat servis. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya akan sangat mudah dipahami jika memang mengetahui pangkal masalahnya. Jadi pemilik HP tidak perlu lagi mendatangi atau mengandalkantenmpat servis. Caranya tentuPemilik HP harus mengenali penyebabnya terlebih dahulu untuk mendapatkan solusinya. Penyebab HP mati itu bisa terjadi karena dua hal, terjadi masalah pada perangkat lunak (software) atau pada perangkat keras (hardware). Hal itu bisa terjadi pada HP lama ataupun baru.

Berikut penyebab HP mati dan cara mengatasinya, yuk cermati:

1. Baterai Drop

Penyebab hp mati yang umum terjadi biasanya disebabkan oleh kondisi baterai yang drop. Cara mengatasinya, isi daya baterai dan tunggu dalam waktu beberapa jam. Lalu nyalakan kembali ketik mesin hp tidak panas.

2. Banyak File Sampah

Terlalu banyak file sampah juga menjadi penyebabHP mati. Cara mengatasinya bisa dengan membersihkan cache secara rutin di dalam ponsel menggunakan aplikasi bawaan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti CCleaner, Clean Master dan sebagainya.

3. Sistem Aplikasi Eror

Rusaknya sistem aplikasi masuk dalam kategori perangkat lunak yang disebabkan oleh virus. Untuk itu banyak yang meminta untuk memperbaharui perangkat lunak. Apabila hp tiba-tiba mati sendiri, biasanya karena belum melakukan update. Untuk itu cara mengatasinya bisa dengan memperbaharui sistem atau System Update.

4. HP Mengalami Overheat

Saat HP digunakan terasa sangat panas, artinyaHP mengalami overheat yang berarti ponsel bekerja keras. Hal ini menjadi penyebabHP mati dan cara mengatasinya yaitu gunakan mode hemat daya, kurangi kecerahan layar, matikan Wi-FI, GPS, dan bluetooth, tutup aplikasi dan sebagainya.

5. Chipset dan Memori RAM Overload

Penggunaan chipset alias CPU yang terlalu tinggi dan memori RAM yang overload menjadi penyebabHP mati dan cara mengatasinya yaitu mengistirahatkan hp dan periksa apakah aplikasi yang ingin diinstal mampu dijalankan menggunakan RAM yang terdapat di smartphone.

Itulah beberapa penyebabHP mati dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)