Dilarang Digunakan, Ukraina Pakai Pemindaian Wajah untuk Identifikasi Musuh

Kamis, 14 April 2022 - 10:05 WIB
loading...
A A A
"Sistem memberi kami kesempatan untuk segera mengkonfirmasi keakuratan data tersangka yang ditahan," tulis email milik seorang pejabat Ukraina yang tidak mau disebutkan namanya.

"Selama penggunaan Clearview AI, lebih dari 1.000 permintaan pencarian dilakukan untuk melakukan verifikasi dan identifikasi yang sesuai," tulis email tersebut.

Sejumlah pengamat mengkhawatirkan apa yang dilakukan Ukraina, Conor Healy adalah pakar pengenalan wajah di IPVM, sebuah organisasi yang mengulas teknologi keamanan.

"Penting bagi pasukan Ukraina untuk menyadari bahwa ini bukan cara yang 100% akurat untuk menentukan apakah seseorang adalah teman atau musuh Anda," kata Healy.



Albert Fox Cahn, dari kelompok pengawas Proyek Pengawasan Teknologi Pengawasan, menyebutnya sebagai bencana hak asasi manusia. " Pengenalan wajah bisa membuat kesalahan di masa damai dimana orang yang tidak bersalah ditangkap atau ditembak," katanya kepada Forbes.

BBC menghubungi pemerintah Ukraina untuk mengomentari penggunaan Clearview, tetapi tidak menerima tanggapan. Mr Ton-That telah membela keakuratan teknologi Clearview, dengan mengatakan bahwa tes telah menemukan akurasi lebih dari 99%.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)