Cara Mengatasi Layar Laptop Hitam, Begini Triknya!

Selasa, 12 April 2022 - 21:29 WIB
loading...
A A A
5. Hapus aplikasi atau software yang Tidak Kompatibel

Mengistal software atau aplikasi yang tidak didukung oleh sistem dapat menyebabkan laptop mengalami blank . Tak hanya itu, bisa juga menjadi ancaman bagi laptop karena bisa merusak perangkat.

Agar layar laptop dapat kembali normal, masuklah ke Safe Mode, lalu unistall aplikasi yang tidak didukung oleh sistem tadi untuk dari masalah blackscreen.



Jika pembersihan dianggap sudah cukup, coba restart laptop dan tunggu hingga berhasil masuk Windows. Jika sudah normal, berarti memang masalah laptop blank disebabkan oleh software.

6. Periksa dan Ganti Hardware

Selain mengecek software, masalah layar blank sebagian besar juga disebabkan oleh hardware seperti RAM. Hal ini terjadi karena adanya perubahan pada hardware yang mempengaruhi proses booting laptop.

Untuk itu, perlu melakukan perbaikan dengan melakukan beberapa langkah-langkah untuk membuat laptop dapat berfungsi kembali dengan baik. Berikut langkahnya:

- Sebelum melakukan hal tersebut, cabut semua perangkat atau peripheral yang tersambung dengan laptop, seperti baterai, power adaptor, printer, mouse, hard drive eksternal, speaker, dan sebagainya.

- Sekarang buka casing belakang laptop. Jika RAM kotor akibat usia pemakaian, maka membersihkan lah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)