Didominasi Merek Terkenal, Inilah Smartphone dengan Radiasi Tinggi

Senin, 11 April 2022 - 13:19 WIB
loading...
Didominasi Merek Terkenal, Inilah Smartphone dengan Radiasi Tinggi
Ilustrasi smartphone dengan radiasi tertinggi. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Bukan rahasia lagi bahwa smartphone dapat memancarkan radiasi. Setiap smartphone memiliki tingkat radiasi yang berbeda, yang jika terlalu tinggi maka dapat membahayakan kesehatan penggunanya.

Hasil penelitian analis BanklessTimes memuat daftar smartphone yang memiliki tingkat radiasi paling tinggi. Menariknya, dari 10 besar perangkat dengan radiasi tinggi, sebagian besarnya diisi oleh merek-merek ternama.



Seperti dilansir dari Gizchina, Minggu (10/4/2022), paparan radiasi smartphone Google Pixel dan Sony Xperia termasuk di antara yang tertinggi. Namun, keduanya bukanlah penyandang gelar smartphone dengan radiasi terburuk.

Peringkat pertama smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi diraih Motorola Edge dengan tingkat radiasi1,79 W / kg. Sementara posisi kedua dan ketiga adalah ZTE Axon 11 5G dengan tingkat radiasi 1,59 W / kg dan OnePlus 6T dengan 1,55 W / kg.

Sedikit lebih rendah tingkat radiasinya adalah adalah Sony Xperia XA2 Plus, Google Pixel 3XL dan Google Pixel 4a, OPPO Reno5 5G, Sony Xperia XZ1 Compact, Google Pixel 3, dan One Plus 6. Untuk tingkat radiasinya bisa dilihat di tabel.

Perlu diketahui bahwa radiasi smartphone dapat memberikan dampak pada tubuh. Ini diukur dalam Tingkat penyerapan spesifik (SAR) yang merupakan ukuran tingkat di mana energi diserap per satuan massa oleh tubuh saat terkena frekuensi radio.

Untuk batas SAR di berbagai negara di dunia, smartphone dengan radiasi dari 1,6 W / kg hingga 2,0 W / kg masih diterima. Misalnya, Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) telah menetapkan tingkat SAR maksimum 1,6 W/kg.

Dengan memperhatikan parameter ini, dari 10 besar, hanya Motorola Edge yang melebihi batas radiasi. Tingkat radiasi yang tinggi ini disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya usia perangkat, antena pemancar, dan juga jarak smartphone dengan menara pemancar.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4156 seconds (0.1#10.140)