Aplikasi yang Bikin Smartphone Lemot dan Nyedot Banterai

Selasa, 29 Maret 2022 - 13:36 WIB
loading...
Aplikasi yang Bikin Smartphone Lemot dan Nyedot Banterai
Aplikasi yang Bikin Smartphone Lemot dan Nyedot Banterai. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Aplikasi yang bikin smartphone lemo t jadi masalah sendiri bagi pengguna smartphone. Kalau menjumpai masalah ini pastinya membuat jengkel karena sudah tentu akan mengganggu aktivitas.



Smartphone lemot sendiri bisa terjadi karena beragam sebab, salah satunya adalah penggunaan aplikasi tertentu. Nah aplikasi apa saja yang dapat membuat smartphone lemot?

Berikut daftar aplikasi yang dapat membuat smartphone lemot, seperti dilansir dari laman Makeuseof, Selasa (29/3/2022):

1. Aplikasi pra-Instal atau aplikasi bawaan.

Saat membeli smartphone baru biasanya akan ada banyak aplikasi bawaan yang sudah diinstal oleh pabrikan. Aplikasi-aplikasi ini sering disebut sebagai bloatware.

Penamaan bloatware karena aplikasi tidak memberikan banyak kegunaan atau mungkin tidak akan digunakan sama sekali. Aplikasi hanya membuat memori smartphone penuh dan membuat smartphone lemot.

Menghapus aplikasi bawaan dapat mengosongkan lebih banyak memori dan tentunya alan meningkatkan kecepatan smartphone. Tapi perlu diketahui juga bahwa ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus.

2. Aplikasi sosial media dan perpesana.

Meskipun aplikasi media sosial dan perpesanan mungkin menjadi favorit, ternyata mereka juga lah yang berperan menjadi salah satu penyebab smartphone menjadi lemot.

Aplikasi Snapchat dan Instagram mungkin menjadi yang terparah karena akan terus berjalan di latar belakang, memberikan banyak postingam dan pemberitahuan kepada pengguna.

Selanjutnya juga ada Facebook dan juga Messenger-nya yang tidak pernah tidur. Banyaknya aktivitas yang dilakukan aplikasi-aplikasi ini tentu akan memakan memori yang akhirnya membuat smartphone lemot.

3. Aplikasi pembersih.

Banyak aplikasi pembersih yang menggembar-gemborkan bahwa mereka akan melindungi smartphone dari virus dan membuatnya lebih cepat dengan menghapus bloat yang tidak perlu.

Namun, pada kenyataannya, banyak aplikasi pembersih yang justru menambah lebih banyak sampah dan akhirnya memperlambat kinerja smartphone. Jadi penting untuk lebih teliti dalam memilih aplikasi ini.

Beberapa aplikasi pembersih bahkan dilengkapi dengan malware yang dapat memengaruhi performa smartphone. Clean Master merupakan salah satu yang terkenal, yang ternyata telah melanggar aturan privasi dan keamanan Google Play.

4. Aplikasi game.

Beberapa game, terutama yang memiliki ukuran kecil, tidak akan terlalu memengaruhi smartphone. Namun berbeda jika game sudah masuk ke dalam kategori game berat.

Misalnya Call of Duty Mobile, game ini menghabiskan banyak ruang di smartphone. Dan jika smartphone tidak memiliki penyimpanan yang cukup, game dapat menghambat kinerja.

Itulah sederet aplikasi yang dapat membuat smartphone lemot. Penting juga bagi kita untuk mempelajari spesifikasi dan mencari tahu aplikasi mana yang banyak memakan memori.

Jika kapasitas memori smartphone kita besar, maka tidak menjadi masalah jika menginstal aplikasi-aplikasi besar. Namun untuk smartphone yang memiliki memori kecil, maka harus pintar-pintar memilih aplikasi.

Aplikasi yang bikin smartphone lemot di atas adalah sumber masalah membuat HP lemot jika tak cepat-cepat dihapus.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)