Kursor Laptop Tidak Bergerak, Berikut Cara Mengatasinya

Sabtu, 26 Maret 2022 - 08:01 WIB
loading...
Kursor Laptop Tidak Bergerak, Berikut Cara Mengatasinya
Cara membuat Kursor laptop mau bergerak. FOTO/ IST
JAKARTA - Kursor laptop tidak bergerak atau tidak bekerja, tentu menyebalkan dan dapat mengganggu pekerjaan sehari-hari. Apalagi bila Anda tidak mempunyai mouse pengganti untuk menggantikan kursor Anda yang rusak atau eror.

BACA JUGA - Heboh Laptop Rp10 Juta

Ada beberapa penyebab kursor laptop tidak bergerak atau frozen. Di antaranya saja sistem operasi laptop yang mengalami gangguan, ada hardware yang rusak, pengaturan touchpad di laptop yang mungkin telah dinonaktifkan, driver yang kedaluwarsa atau rusak, ada software yang rusak, hingga adanya kotoran dan debu yang mungkin menempel di touchpad laptop Anda.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi kursor laptop tidak bergerak. Bila Anda mengalaminya, cobalah langkah-langkah berikut ini:



1, Restart Laptop

Mematikan dan menghidupkan kembali laptop dapat memperbaiki banyak masalah, termasuk kursor laptop atau panel sentuh yang tidak berfungsi. Saat sistem operasi tidak merespons atau terhenti, perangkat keras lain di laptop Anda mungkin juga berhenti bekerja. Matikan dan hidupkan lagi dan lihat apakah cara ini dapat memperbaiki masalah.

2, Bersihkan Debu di Touchpad

Minyak dan kotoran dari jari, makanan, dan zat lain dapat menumpuk di panel sentuh dan menyebabkan masalah. Jadi, bersihkanlah kotoran secara teratur dengan kuas, kain mikrofiber, dan alat pembersih lainnya.

3. Putuskan Perangkat Bluetooth

Jika touchpad tidak berfungsi sebagaimana mestinya, perangkat lain yang dipasangkan dengan laptop Anda bisa jadi penyebabnya. Putuskan sambungan mouse Bluetooth, gamepad, atau perangkat eksternal apa pun yang terhubung melalui USB. Kemudian restart laptop Anda dan coba touchpad Anda sekali lagi.



4. Aktifkan Touchpad

Sangat mudah untuk menonaktifkan touchpad tanpa Anda sadari yaitu dengan menekan tombol Fungsi (Fn). Tetapi Anda dapat dengan mudah mengaktifkannya kembali di pengaturan.

5. Perbarui Driver Laptop

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara namun tak berhasil, bisa jadi driver perangkat Anda lah masalahnya. Jika Anda menggunakan MacBook, periksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia di System Preferences. Jika Anda menggunakan sistem operasi lainnya, Anda dapat mencoba memperbarui driver Anda.
(wbs)
Komentar Anda