Jangan Salah Kaprah, Punya NFT Bukan Jalan Pintas Jadi Crazy Rich

Kamis, 24 Maret 2022 - 15:59 WIB
loading...
Jangan Salah Kaprah, Punya NFT Bukan Jalan Pintas Jadi Crazy Rich
Webinar MARCH FESTIVAL 2022 dengan tema YOUNGPRENEURSHIP: How To Be an Excellent Youngpreneur in Metaverse, Kamis (24/3/2022). Foto/Screenshot Webinar MARCH Festival 2022.
A A A
JAKARTA - Punya NFT (Non-fungible Token) ternyata bukan jalan pintas untuk jadi kaya raya atau crazy rich. Jadi pola pikir yang menyebutkan bahwa investasi NFT adalah cara termudah menjadi sukses secara finansial adalah salah besar.

Pungkas Riandika selaku CEO Kolektibel - Indonesia First Curated NFT Marketplace, di Webinar MARCH FESTIVAL 2022 dengan tema 'YOUNGPRENEURSHIP: How To Be an Excellent Youngpreneur in Metaverse, Kamis (24/3/2022) ini justru berupaya mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memiliki pola pikir punya Non-fungible token (NFT) itu sama dengan investasi. Sebab, NFT pada dasarnya bukan bersifat investasi.

"Kami tidak pernah melihat NFT sebagai investasi, karena tidak ada yang bisa menjamin punya NFT Anda bisa untung. Jadi lepaskan pemahaman punya NFT akan cuan," tegas Pungkas Riandika. "Tidak semua yang punya NFT juga akan berakhir menjadi sultan," tambahnya.

Baca juga : Maskeran Lagi, Aura SPG Bangkok Motor Show Masih Tetap Seksi dan Menggoda

Jangan Salah Kaprah, Punya NFT Bukan Jalan Pintas Jadi Crazy Rich


Pemahaman itu menjadi penting karena sekarang ini terjadi salah kaprah di masyarakat menyoal NFT itu sendiri. Pungkas Riadi menjelaskan bahwa banyak orang beranggapan bahwa kalau beli NFT itu bisa disamakan seperti investasi yang menjanjikan keuntungan. Padahal, NFT pada hakikatnya adalah mengoleksi sesuatu yang Anda sukai sesuai dengan hobi Anda atau kesenangan pribadi Anda.

Jadi, saran Pungkas, belilah NFT sebagai barang koleksi. "Kalau misalnya ada niatan untuk dijual dan dapat untung dari sana, ya, syukur," paparnya.

Pungkas Riadi menambahkan bahwa keuntungan utama dari punya NFT itu ada di pengalaman dan ilmu baru yang bisa didapat dari NFT itu sendiri. Sebab, dengan mengoleksi NFT, Anda bisa merasakan kesenangan sesuai dengan hobi Anda.



Jangan Salah Kaprah, Punya NFT Bukan Jalan Pintas Jadi Crazy Rich


"Nikmati NFT dengan cara menjaganya lalu berkomunikasi dengan komunitas. Kalau suka traveling misalnya, ya, Anda kumpulkan NFT yang berkaitan dengan lokasi wisata atau item lain yang berhubungan dengan hobi Anda," tambahnya.

Pungkas di sesi webinar ini pun menyarankan agar masyarakat tidak sembarang beli NFT. Ia memberikan sedikit tips supaya tidak tertipu saat membeli NFT. Berikut caranya, yuk cermati:

1. Pilih platform NFT yang tepat dengan ekosistem resmi
2. Benar-benar mengenali projek NFT tersebut. Artinya, Anda mengenali tidak hanya membaca, tapi juga diusahakan bertemu mengikuti forum secara langsung. "Orang Indonesia itu budayanya silaturahmi, mendapat penjelasan langsung. Beda dengan orang luar yang lewat ruang digital sudah paham," ungkap Pungkas.
3. Niatkan membeli NFT untuk koleksi, bukan untuk investasi. Karena tidak ada yang bisa menjamin memiliki NFT bisa cuan.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2958 seconds (0.1#10.140)