Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Biar Bisnis Berbuah Manis

Jum'at, 18 Maret 2022 - 19:33 WIB
loading...
Cara Membuat Pesan Otomatis di WA Biar Bisnis Berbuah Manis
Cara membuat pesan otomatis di WA atau WhatsApp bisa dilakukan langsung tanpa aplikasi. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara membuat pesan otomatis di WA atau WhatsApp bisa dilakukan langsung tanpa aplikasi. Namun untuk membuat pesan otomatis, pastikan WA Anda sudah terhubung ke WhatsApp Bisnis.

Dengan WhatsApp Bisnis ini akan memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan, mengirimkan pemberitahuan penting, dan mengumpulkan umpan balik tepat waktu. Pesan otomatis ini juga akan membantu Anda ketika sedang offline sehingga pelanggan cukup senang karena pesannya langsung direspons.

Langkah pertama untuk melakukan ini adalah memutuskan siapa saja yang akan menerima pesan otomatis ini. Anda dapat memutuskan, pesan apa saja yang dikirim ke semua pelanggan atau pelanggan tertentu.

Langkah kedua adalah menjadwalkan pesan balasan otomatis pada waktu tertentu. Waktu yang disetel untuk balasan otomatis ini disarankan adalah selama jam tutup bisnis Anda.

BACA: Ikuti Tips Ini Agar pesan WhatsApp Tak Hilag Saat Ganti Smartphone

Jika pelanggan menghubungi Anda selama 'tutup toko', pesan balasan otomatis akan dikirim berdasarkan preferensi Anda. Berikut cara membuat pesan otomatis di WA yang dikutip dari Verloop:

1. Buka setelan, pilih 'titik tiga' pada pojok kanan atas. Selanjutnya, klik menu 'Setelan'. Apabila telah selesai, lanjutkan dengan masuk ke 'setelan bisnis', lalu pilihlah 'pesan di luar jam kerja'.

2. Selanjutnya, aktifkan opsi 'Send Away Message' atau kirim pesan di luar jam kerja. Klik tombol yang berada di bawah tombol titik tiga pada pojok kanan atas yang semula gelap maka ketuk agar tombol itu menjadi terang. Jika sudah terang, berarti pesan otomatis telah aktif.

3. Edit pesan yang akan dikirimkan pada pelanggan yang akan dikirim secara otomatis. Caranya 'klik' tombol bergambar pensil, lalu tuliskan pesan otomatis yang ingin dikirimkan. Akhiri langkah ini dengan klik tombol 'OK'.

BACA JUGA: Terungkap, Hiu Tidur Hanya 5 Menit Dalam Posisi Terlentang

4. Atur jadwal pengiriman, nantinya Anda diharuskan memilih tiga opsi, 'Selalu Kirim', 'Jadwal Khusus', dan 'Di luar jam kerja'. Jika sudah, otomatis pesan akan terkirim ke pelanggan sesuai waktu yang Anda pilih. Penting diperhatikan, sebelum memilih opsi ini sebaiknya menyetel jam kerja terlebih dahulu.

5. Langkah terakhir adalah mengatur penerima. Ada empat opsi yang bisa Anda pilih, yaitu 'untuk semua orang', 'semua orang yang tidak ada di buku alamat', 'semua orang kecuali', dan 'hanya kirim kepada'.

Semua opsi tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah selesai mengatur, maka langkah berikutnya adalah dengan klik 'Simpan'. Kini Anda bisa mengirim pesan otomatis di WA walau pun sedang dalam perjalanan atau sibuk.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1347 seconds (10.177#12.26)