Masyarakat Bisa Bayar SPP Sekolah, Kampus, Hingga Pesantren lewat Warung Mitra Tokopedia

Selasa, 22 Februari 2022 - 07:35 WIB
loading...
Masyarakat Bisa Bayar SPP Sekolah, Kampus, Hingga Pesantren lewat Warung Mitra Tokopedia
Pelajar di lebih dari 6.000 institusi pendidikan di Jaringan IDN meliputi sekolah hingga perguruan tinggi dapat membayar biaya pendidikan lewat Mitra Tokopedia. Foto: dok Tokopedia
A A A
JAKARTA - Masyarakat kini bisa membayar biaya pendidikan melalui warung atau toko terdekat yang ada di ekosistem Mitra Tokopedia.

Mitra Tokopedia adalah aplikasi yang memungkinkan individu ataupun pegiat usaha tradisional seperti warung dan usaha sejenis lainnya bisa menyetok barang dagangan dan berjualan produk digital.

Head of New Retail Tokopedia Doni Nathaniel Pranama mengatakan, pihaknya ingin memberdayakan pegiat usaha tradisional melalui teknologi.

Tokopedia bekerja sama dengan InfraDigital Nusantara (IDN). Jaringan IDN merupakan portal digitalisasi untuk edukasi menuju inklusi keuangan.

Yakni dengan membuka gerbang Ekosistem Pembayaran Digital untuk semua institusi pendidikan di Indonesia.



Pelajar di lebih dari 6.000 institusi pendidikan yang tergabung dalam Jaringan IDN meliputi sekolah, perguruan tinggi, pondok pesantren dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM, kini dapat membayar biaya pendidikan melalui jutaan warung dan toko Mitra Tokopedia.

CEO InfraDigital Nusantara Ian McKenna menyebut bahwa IDN ingin membantu digitalisasi lembaga pendidikan.

”Lembaga pendidikan yang ada di pelosok dengan orang tua yang belum terhubung dengan bank kini dapat membayar SPP lebih mudah,” ujarnya.

Untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan lewat warung di ekosistem Mitra Tokopedia, pengguna hanya perlu mengunjungi warung Mitra Tokopedia terdekat dan menginformasikan nama sekolah dan nomor pembayaran atau nomor mahasiswa yang terdaftar.

”Layanan ini sangat membantu masyarakat yang ingin membayar uang sekolah. Mereka tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk ke bank,” ujar Haula Alfikri, salah satu pemilik warung yang bergabung dengan ekosistem Mitra Tokopedia asal Wonosobo.

Saat ini, Mitra Tokopedia telah digunakan oleh jutaan pegiat usaha tradisional untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)