Belanja di Supermarket, tapi Tidak Perlu ke Supermarket

Jum'at, 18 Februari 2022 - 07:01 WIB
loading...
Belanja di Supermarket, tapi Tidak Perlu ke Supermarket
HappyFresh Supermarket mengklaim menyediakan beragam produk kebutuhan harian dan bisa langsung dikirim ke rumah pengguna. Foto: dok HappyFresh
A A A
JAKARTA - Cara belanja masyarakat Indonesia berubah sejak pandemi. Apalagi, ketika kasus Covid-19 naik turun tidak menentu. Sebagian konsumen semakin terbiasa berbelanja lewat online karena tidak perlu keluar rumah. Termasuk kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur, buah, dan lainnya.

Itu yang membuat platform layanan belanja produk kebutuhan harian online HappyFresh berekspansi lewat layanan baru. Namanya, HappyFresh Supermarket.

HappyFresh Supermarket memungkinkan konsumen berbelanja di supermarket tanpa perlu datang ke supermarket.

Tantangan Jaga Produk Tetap Segar
Belanja di Supermarket, tapi Tidak Perlu ke Supermarket

Managing Director HappyFresh Indonesia Filippo Candrini mengatakan, layanan belanja produk kebutuhan harian online sangat diminati. Selain mudah dan praktis, juga tanpa biaya pengiriman.

Tapi, tantangan untuk membuat pembeli berbelanja kembali cukup banyak. Mulai keberagaman/variasi produk, harga kompetitif, serta menjaga agar produk tetap segar saat sampai di rumah pembeli.

Menurut Filippo, HappyFresh Supermarket memiliki lebih dari 15.000 stock-keeping units (atau SKU). Terdiri dari produk segar, produk kering, dan produk beku yang disimpan dalam tiga zona suhu yang dipantau ketat.

Menurutnya, HappyFresh Supermarket sangat fokus pada ketersediaan produk. ”Konsumen juga tidak pernah kehabisan stok,” beber Filippo.

Juga, menjaga kontrol kualitas untuk memastikan kesegaran dan kualitas setiap produk dikirim. Kuncinya adalah penggunaan data dan otomatisasi beberapa proses, seperti pengambilan pesanan, rute pengiriman, hingga ketiadaan kasir fisik.

Pelanggan HappyFresh Supermarket diklaim bisa menerima belanjaan mingguan mereka hanya dalam 30 menit. ”Atau pada waktu pilihan mereka. Biaya pengiriman gratis untuk semua pesanan,” ungkap Filippo.

Soal harga, Filippo mengakui bahwa konsumen lebih sensitif terhadap harga dan produk selama pandemi. ”Mereka ingin harga transparan dan mereka yang dipercaya,” ungkapnya. Ia mengklaim bahwa HappyFresh Supermarket menawarkan harga kompetitif.
Filippo menyebut bahwa hanya dalam beberapa bulan setelah peluncuran, ketertarikan pelanggan luar biasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)