Review Smartwatch Amazfit GTR 3, 24 Jam Pantau Saturasi Oksigen

Kamis, 03 Februari 2022 - 15:47 WIB
loading...
Review Smartwatch Amazfit GTR 3, 24 Jam Pantau Saturasi Oksigen
Amazfit GTR 3 memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan aktivitas harian maupun olah raga. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Dibanderol Rp2 jutaan, Amazfit GTR 3 adalah smartwatch yang terbilang lengkap. Baik dari sisi fungsi, navigasi, hingga desainnya. Seperti apa?

Material
Review Smartwatch Amazfit GTR 3, 24 Jam Pantau Saturasi Oksigen

Kesan pertama yang SINDONews rasakan saat menggunakan smartwatch Amazfit GTR 3 adalah desainnya yang mewah dan sedap dipandang. Ini adalah tipe smartwatch yang akan meningkatkan rasa percaya diri penggunanya.

Konturnya juga bulat, tidak persegi dan tidak berupaya menyerupai Apple Watch. Untuk material, terasa kokoh. Rangkanya disepuh alumunium solid yang konon setara material pesawat terbang.

Dan yang mengasyikkan, Amazfit GTR 3 terasa ringan. Karena beratnya hanya 32 gram saja. Di pergelangan tangan nyaman karena strap karetnya yang berkualitas. Juga hampir tidak terasa saat dipakai. Sehingga cocok menemani kegiatan olah raga atau sekadara beraktivitas harian.

Navigasi
Review Smartwatch Amazfit GTR 3, 24 Jam Pantau Saturasi Oksigen

Di sisi kiri smartwatch ada dua tombol. Bagian atas adalah tombol navigasi Crown yang bisa diputar. Ini favorit SINDONews. Karena sangat memudahkan navigasi.

Maklum, layar smartwatch yang mungil kadang sulit disentuh. Apalagi di momen-momen yang cepat. Tombol putar Crown ini sangat memudahkan. Nah, di bagian bawah ada lagi tombol shortcut untuk memilih mode olahraga. Pilihannya pun termasuk komplet. Ada lebih dari 150 mode olah raga yang bisa dipilih. Juga, shortcutnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Mulai deteksi denyut jantung, oksimeter, dan lainnya.

Sensor Bio Tracker 3.0
Di penampang bawah ada teknologi tracker yang disebut Bio Tracker 3.0. Teknologi tersebut mengandalkan 6 photodioda dan 2 LED untuk memantau aktifitas pengguna. Di versi Amazfit sebelumnya, hanya ada 2 photodioda.

Jadi, informasi yang ditangkap oleh Amazfit GTR 3 seharusnya lebih akurat. Misalnya, untuk mengetahui berapa kadar oksigen yang ada di dalam darah.



Layar Cerah
Review Smartwatch Amazfit GTR 3, 24 Jam Pantau Saturasi Oksigen

Amazfit GTR 3 memiliki layar berdimensi 1,45 inci. Tidak terlalu besar, tapi tetap terasa mudah dan cukup luas. Untuk kerapatan pikselnya sendiri cukup tinggi. Resolusi HD dengan 331 ppi serta kecerahan maksimum 1.000 nits.

Kacanya sendiri melengkung di semua sisi. Bezelnya dibuat lebih tipis. Sudah berlapis AMOLED sehingga lebih baik dibanding model Amazfit sebelumnya.
Tingkat piksel yang tinggi serta kecerahan hingga 1.000 nits membuat smartwatch ini terlihat tajam bahkan dibawah sinar matahari sekalipun. Jadi praktis untuk digunakan beraktivitas di luar ruangan.

Aplikasi Zepp
Review Smartwatch Amazfit GTR 3, 24 Jam Pantau Saturasi Oksigen

Keunggulan smartwatch ini adalah bagaimana pengguna bisa mempersonalisasi tampilan di jam tangan mereka. Karena watch face—sebutan tampilan di layar smartwach—bisa diganti-ganti sesuai keinginan. Ada lebih dari 100 watch faces yang bisa di pilih.

Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi bernama Zepp yang tersedia di Apple App Store hingga Google Play Store. Aplikasi Zepp ini wajib kita install sebagai “partner” dari Amazfit GTR 3.

Sebab, di aplikasi Zepp itu pengguna bisa merekam, memantau, dan mempelajari aktivitas mereka. Mulai kegiatan olah raga, hingga kualitas tidur. Semuanya terekam jelas di aplikasi tersebut.

Zepp, walau mungkin tidak sepopuler Huawei Health, Samsung Health, atau Xiaomi Wear, tapi memiliki tampilan, navigasi, dan fitur yang sudah sangat baik.

Selain mengganti-ganti tampilan Watch Face, lewat aplikasi Zepp pengguna juga melakukan penyetelan aplikasi, alarm, dan lainnya dengan sangat mudah tanpa harus melakukannya dari arlojinya secara langsung.

Fitur Favorit
Review Smartwatch Amazfit GTR 3, 24 Jam Pantau Saturasi Oksigen

Untuk user interface, terus terang Amazfit GTR 3 ternyata sangat mudah digunakan. Smooth atau lancar sekali. SINDONews suka betapa mudahnya untuk melihat alarm, kalender, mengatur musik, melihat info cuaca, denyut jantung, oksigen dalam darah, hingga kualitas tidur.

Fitur favorit SINDONews lain adalah monitoring tingkat oksigen darah (SpO2) selama 24 jam penuh. Lalu, otomatis akan ada peringatan saat saturasi oksigen menurun. Pemantauan detak jantung sepanjang hari itu juga berlaku saat berenang. Karena Amazfit GTR 3 memiliki fitur tahan air 5 ATM (50 meter). Pemantauan detak jantung sangat penting di masa pandemi, apalagi ketika Covid-19 Omicron semakin mengancam.

Review Smartwatch Amazfit GTR 3, 24 Jam Pantau Saturasi Oksigen

Selain itu, ada fitur ”one-tap measuring” yang dapat mengatur 4 indikator kesehatan sekaligus dalam satu sentuhan saja (heart rate, blood oxygen, breathing rate, dan stress score).

Juga, pengguna bisa langsung mengangkat panggilan ponsel langsung dari perangkat.

Untuk GPS, sudah ada di Amazfit GTR 3. Jadi, pengguna tidak perlu ketergantungan dengan smartphone saat harus berolahraga seperti berlari maupun bersepeda.

Ketahanan baterainya juga cukup baik. Saat hanya mengaktifkan 1 notifikasi saja, SINDONews bisa memakai Amazfit GTR 3 lebih dari 12 hari. Kapasitas baterainya 450 mAh, serta memiliki pengisian daya tidak lebih dari satu jam. Sehingga tetap nyaman saat digunakan bepergian.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3681 seconds (0.1#10.140)
pixels