Spotify Dinilai Lecehkan Musisi, Ini Deretan Aplikasi Streaming Lagu Penggantinya

Kamis, 03 Februari 2022 - 13:48 WIB
loading...
Spotify Dinilai Lecehkan Musisi, Ini Deretan Aplikasi Streaming Lagu Penggantinya
Deretan aplikasi Spotty streaming lagu penggantinya. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Kontroversi podcaster Joe Rogan telah menyebabkan para musisi menarik musik mereka dari Spotify. Platform streaming musik itu pun jadi tidak seasik sebelumnya.

Diketahui, Joe Rogan sebelumnya menayangkan podcast tentang anti-vaksin di Spotify yang dinilai banyak pihak telah menyesatkan.

BACA JUGA - Saksikan Formula E Diriyah E-Prix 2022: Live Streaming di RCTI+

Ulah Joe Rogan tersebut mendapat kecaman dari beragam kalangan. Bukan cuma musisi setidaknya ada 270 dokter dan ilmuwan yang menandatangani surat terbuka mengecam dirinya.

Spotify juga ikut dituding terlibat dalam penyebaran informasi salah dengan membiarkan siaran berkangsung tanpa melakukan aksi apapun. Kini banyak pengguna Spotify yang mulai mencari alternatif lain.

Buat kalian yang ingin beralih dari Spotify setidaknya ada beberapa platform streaming musik lain yang bisa dicoba. Berikut daftarnya:

1. Apple Music

Apple Music menyediakan 75 juta lagu yang bisa didengarkan oleh pengguna. Tak hanya itu, mereka juga menawarkan siaran radio dan beragam fitur lain yang tak kalah menarik dari Spotify.

Apple Music menawarkan tiga bulan gratis untuk pengguna baru, tetapi setelah itu langganannya adalah USD 11,99 (Rp 170 ribu) per bulan atau US$ 119 (Rp 1,7 juta) setahun, dengan paket keluarga seharga USD 17,99 (Rp 258 ribu) per bulan.

2. YouTube Music

Platform streaming musik yang satu ini memiliki sekitar 60 juta lagu. Pengguna juga bisa mendapatkan akses ke video YouTube lewat platform ini. Kualitas audio YouTube Music memang tidak sebagus yang lain, tapi memiliki sejumlah fitur yang tidak ada di platform lainnya.

Layanan YouTube Music Premium dibandrol dengan harga USD 14,99 (Rp 215 ribu) per bulan.

3. Amazon Music

Amazon Music memberikan trek audio lossless dan spasial, 75 juta lagu, siaran podcast, daftar putar, dan kemampuan untuk terintegrasi dengan teknologi Amazon lainnya. Pengguna baru ditawarkan layanan musik gratis selama empat bulan.

4. Tidal

Selain memberikan katalog lagu lebih dari 80 juta buah dan 350.000 video live konser para musisi, Tidal juga memberikan komoensasi terbaik kepada artis dan menawarkan kualitas audio terbaik.

Untuk biaya berlangganannya sendiri dimulai di angka USD 9,99 (Rp 140 ribu). Selanjutnya ada paket yang lebih mahal, yakni USD 23,99 (Rp 340 ribu).
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1942 seconds (11.97#12.26)