Hati-hati Unduh Aplikasi Wajib Pengunjung Olimpiade Beijing 2022, Ini Konsekuensinya

Rabu, 19 Januari 2022 - 09:36 WIB
loading...
Hati-hati Unduh Aplikasi Wajib Pengunjung Olimpiade Beijing 2022, Ini Konsekuensinya
Aplikasi Wajib Pengunjung Olimpiade Beijing 2022 memiliki kelemahan sehingga rentan disusupi peretas. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Untuk Anda yang ingin mengunjungi China dalam rangka menonton Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, diwajibkan pemerintah setempat untuk mengunduh aplikasi MY2022. Sayangnya, aplikasi ini rentan disusupi pencuri data yang bisa mengungkap data pribadi Anda.

Menurut laporan baru dari peneliti digital dengan Citizen Lab di University of Toronto, aplikasi ini sangat tidak aman sehingga dapat melanggar undang-undang keamanan data China sendiri.

Aplikasi ini juga mungkin melanggar Kebijakan Perangkat Lunak yang Tidak Diinginkan Google, yang membantu menyingkirkan aplikasi berbahaya di ekosistem Android, serta pedoman App Store Apple, catatan laporan tersebut.



Dilansir Gizmodo, Rabu (19/1/2022), para peneliti menemukan kekurangan aplikasi MY2022 ini untuk versi 2.0.0 untuk iOS dan versi 2.0.1 untuk Android dalam menangani enkripsi dan transmisi data.

Menurut Citizen Lab, aplikasi sering gagal memvalidasi sertifikat SSL, artinya aplikasi tidak memverifikasi di mana sebenarnya pengiriman data yang dikirimkannya.



"Ini membuat pengguna siap menghadapi potensi serangan siber man-in-the-middle, di mana penyerang dapat memalsukan koneksi ke situs web yang sah dan dengan demikian mencuri data yang dikirim oleh aplikasi," katanya.

Pada saat yang sama, para peneliti menemukan bahwa aplikasi tersebut juga mentransmisikan jenis metadata tertentu tanpa enkripsi SSL atau perlindungan keamanan lainnya sama sekali—membuatnya terbuka lebar untuk pemeriksaan publik dalam kasus-kasus tertentu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2620 seconds (0.1#10.140)