Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-Tiba Muncul

Kamis, 13 Januari 2022 - 17:05 WIB
loading...
Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-Tiba Muncul
Cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul dan mengganggu sangat penting diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul cukup beragam. Tapi, penting karena iklan yang muncul tiba-tiba tidak hanya mengganggu, tapi juga berisiko membuat Anda terpapar malware.

Wajar jika kita melihat iklan ketika menginstal aplikasi atau bermain game. Tapi, jika tiba-tiba ada iklan muncul di HP Android saat kita tidak sedang membuka aplikasi atau bermain game, maka ada baiknya untuk curiga.

BACA JUGA: Alasan di Balik Melejitnya Harga Foto Selfie NFT Ghozali

Risiko paling parah, bisa jadi ponsel kita terkena malware yang ternyata bisa mencuri data, atau bahkan menguras rekening. Nah, berikut adalah cara menghilangkan iklan di HP:

1. Aplikasi AdBlock
AdBlock atau Ad Blocker adalah aplikasi yang diciptakan untuk memblokir iklan. Ada banyak aplikasi AdBlock di Google Play Store. Apliaksi ini dapat melakukan penyetelan otomatis agar pengguna bisa berselancar di internet tanpa terganggu iklan.
Yang terpenting, jangan mengunduh AdBlock dari situs atau sumber tidak resmi karena justru berisiko memiliki malware.

2. Aplikasi Adclear
Selain Adblock, ada juga aplikasi AdClear yang tujuannya mirip. AdClear adalah aplikasi untuk memblokir iklan di Android, juga mengontrol trafik data dari aplikasi yang diinstal di ponsel Anda. Aplikasi ini penting jika Anda banyak berinteraksi dengan aplikasi non resmi.

3. Google Play Protect
Masuk ke Google Play Store, dan pilih menu Play Protect. Lalu, pilih ”toggle scan device for security threats” untuk memindai ponsel dari malware atau iklan yang mengganggu.

4. Security Settings
Ini cara termudah dan termurah. Buka pengaturan dan masuk ke Security Settings. Lalu, jangan izinkan mengunduh dari sumber yang tidak jelas. Ini penting untuk memblok ponsel bisa mengunduh aplikasi APK dari sumber yang tidak jelas.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1468 seconds (10.177#12.26)