Cara Menghindari Mobil Tertimpa Pohon di Musim Hujan

Kamis, 13 Januari 2022 - 19:05 WIB
loading...
Cara Menghindari Mobil Tertimpa Pohon di Musim Hujan
Sikap hati-hati dalam mengendarai mobil saat ini penting, karena banyaknya kecelakaan akibat pohon tumbang. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Cara menghindari mobil tertimpa pohon di musim hujan penting diketahui. Sebab, di awal 2022, Indonesia sedang menghadapi curah hujan yang tinggi.

Karena itu, perlu sikap hati-hati dalam mengendarai mobil. Sebab, curah hujan dengan intensitas tinggi serta angin kecang menimbulkan potensi resiko, misalnya banjir dan pohon tumbang.

BACA JUGA: Alasan di Balik Melejitnya Harga Foto Selfie NFT Ghozali

Namun tidak perlu khawatir, MNC Portal merangkum tips menghindari mobil tertimpa pohon:

1. Waspada di jalan
Cara menghindari mobil tertimpa pohon tumbang saat hujan dengan waspada dijalan. Terlebih saat hujan disertai angin kencang. Tetaplah waspada dan selalu memperhatikan kondisi sekeliling. Ada baiknya berjaga jarak dengan kendaraan di depan untuk memberi peluang terhindar dari marabahaya.

2. Tentukan lokasi parkir aman
Cara Menghindari Mobil Tertimpa Pohon di Musim Hujan

Pastikan mobil Anda terparkir dengan aman saat hendak meninggalkan kendaraan. Tips aman yang perlu Anda terapkan adalah menghindari parkir di bawah pohon besar yang berpotensi tumbang. Meski terkesan sejuk saat kondisi panas, namun pada saat kondisi hujan akan sangat berbahaya.

3. Jangan panik
Berkendara dengan serius tapi rileks. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepekaan terhadap obyek penghalang di depan. Hindari kepanikan dengan melakukan rem mendadak atau bermanuver cepat saat obyek jatuh tiba-tiba di depan Anda. Hal itu akan jauh lebih berbahaya.

4. Pantau kondisi cuaca
Cara satu-satunya dalam meningkatkan kewaspadaan saat berkendara yaitu dengan memantau kondisi cuaca. Saat ini teknologi telah bisa memperkirakan hujan di berbagai wilayah. Ada baiknya sebelum berkendara Anda memantau kondisi cuaca.

Jika perkiraan curah hujan hari ini lebat disertai angin kencang, maka ada baiknya menunda perjalanan dilain hari atau mencari rute alternatif.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1706 seconds (11.252#12.26)