5 Alasan Mengapa Harus Ganti ke Ponsel 5G di 2022

Kamis, 06 Januari 2022 - 19:25 WIB
loading...
5 Alasan Mengapa Harus Ganti ke Ponsel 5G di 2022
Ponsel 5G diperkirakan akan mendominasi perangkat di 2022 seiring ketersediaan jaringan 5G yang semakin meluas. Foto: dok POCO Indonesia
A A A
JAKARTA - Produsen smartphone kini sudah banyak yang menelurkan perangkat dengan jaringan 5G . Bukan tanpa alasan, sebab di Indonesia jaringan 5G sudah mulai tersedia di beberapa wilayah.

Nah, bagi Anda yang masih berpikir dua kali untuk berganti ke ponsel 5G, berikut ini alasan kenapa 5G penting di 2022 dilansir dari keterangan tertulis POCO Indonesia , Kamis (6/1):



1. Cakupan 5G di Indonesia semakin meluas
Kini operator-operator telekomunikasi telah menyediakan layanan 5G di Indonesia , walau memang masih di beberapa kota besar. Namun trennya di 2022 ini akan semakin banyak lagi kota-kota yang dijangkau dengan jaringan 5G ini.

Saat ini jaringan 5G sudah tersedia di sejumlah titik, mulai dari DKI Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Medan, Batam, Makassar, Balikpapan, dan Bali.

2. Aktivitas harian lebih lancar dan efisien
Koneksi 5G menawarkan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, sehingga akan memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas di ponsel, termasuk browsing, bermain game online, mengunduh file, streaming video, dan aktivitas lain yang membutuhkan koneksi jaringan cepat.

Hal ini dimungkinkan karena kecepatan 5G sepuluh kali lebih cepat dibandingkan 4G, dengan kecepatan rata-rata mencapai hampir 500 Mbps di wilayah yang padat penduduk.

3. Memberikan pengalaman gaming lebih mulus
5 Alasan Mengapa Harus Ganti ke Ponsel 5G di 2022

Dengan 5G, aktivitas bermain game akan berlangsung dengan mulus karena koneksi ini memiliki latensi atau ping yang sangat rendah.
Kemampuan ini sangatlah krusial bagi game kompetitif bahkan untuk para atlet e-Sports. Jeda yang hanya sepersekian detik dapat mempengaruhi performa pemain hingga hasil dari pertandingan game tersebut.

4. Layanan Cloud
Cloud dapat menghemat ruang penyimpanan di smartphone dan reorganisasi berkas aplikasi serta menyimpan file. Nah, 5G dapat membantu memindahkan file-file ini dari cloud dengan lancar dan memungkinkan pengguna untuk bekerja dari banyak perangkat.

Dengan terkoneksi ke jaringan 5G, smartphone bisa dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya, bisa memainkan game-game berat melalui cloud yang beken disebut dengan cloud gaming, hingga menonton video-video full HD dari cloud.



5. Lebih banyak terkoneksi dengan perangkat
Banyak yang mengira bahwa 5G hanya akan terdampak ada smartphone saja. Namun, sebenarnya 5G juga memberdayakan berbagai perangkat dan teknologi lain yang bisa terkoneksi pada sebuah smartphone sebagai kontrol utamanya.

Peningkatan kapasitas jaringan seluler, fleksibilitas, dan latensi rendah dari 5G akan memungkinkan lebih banyak lagi perangkat yang bisa terkoneksi dengan smartphone dengan kecepatan respon yang jauh lebih tinggi. Misalnya menghubungkan smartphone dengan berbagai perangkat teknologi di rumah, seperti TV, AC, bahkan hingga pintu pagar dan kamera CCTV.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)