Geser Dominasi Google, TikTok Kini Menjadi Aplikasi Paling Diminati

Jum'at, 24 Desember 2021 - 16:02 WIB
loading...
Geser Dominasi Google, TikTok Kini Menjadi Aplikasi Paling Diminati
TikTok menggeser Google dari posisi teratas pada bulan Februari, Maret dan Juni tahun ini. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Perusahaan keamanan IT, Cloudflare merilis bahwa aplikasi TikTok mendapat hits lebih banyak dari pada mesin pencari Google tahun ini. Melonjaknya hits aplikasi TikTok ditengarai karena pandemi yang memaksa orang berada di rumah dan mencari hiburan dari TikTok.

Pemeringkatan menunjukkan bahwa TikTok menggeser Google dari posisi teratas pada bulan Februari, Maret dan Juni tahun ini. Selanjutnya, TikTok memegang posisi nomor satu sejak Agustus 2021.

Dilansir BBC, Jumat (24/12/2021), tahun lalu Google menjadi yang pertama, dan sejumlah situs termasuk TikTok, Amazon, Apple, Facebook, Microsoft, dan Netflix semuanya masuk dalam 10 besar.



Cloudfare mengatakan, hasil itu dari melacak data menggunakan alatnya Cloudflare Radar, yang memantau lalu lintas web.

Diyakini salah satu alasan lonjakan popularitas TikTok adalah karena pandemi Covid. Sebab setelah diberlakukan lockdown banyak orang-orang terjebak di rumah dan mencari hiburan melalui TikTok.

Pada Juli tahun ini, TikTok telah diunduh lebih dari tiga miliar kali, menurut perusahaan data Sensor Tower. Sedangkan Bytedance, kini memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia dan jumlahnya terus bertambah.



Saat ini TikTok memperluas cakupannya dengan membuka aplikasi TikTok Kitchen yang akan menyediakan makanan yang paling viral di aplikasi. TikTok Kitchen diluncurkan pada Maret 2021 di Amerika Serikat.

Menu akan didasarkan pada tren makanan paling viral di aplikasi dan akan mencakup kursus seperti pasta feta panggang yang menduduki peringkat hidangan paling dicari tahun 2021 oleh Google.

TikTok Kitchen didirikan bersama oleh Robert Earl, pemilik gerai makanan AS Planet Hollywood, Buca di Beppo, dan Bertucci's. Dia mengatakan sekitar 300 restoran TikTok direncanakan di seluruh negeri untuk peluncuran perdana, dengan target lebih dari 1.000 pada akhir 2022.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)