6 Manfaat Jaringan 5G yang Tidak Anda Ketahui

Kamis, 23 Desember 2021 - 18:33 WIB
loading...
6 Manfaat Jaringan 5G yang Tidak Anda Ketahui
5G akan jadi fondasi berbagai teknologi baru seperti extended reality, streaming 4K, dan lainnya. Foto: dok Ericsson
A A A
JAKARTA - Mengapa harus beralih ke jaringan 5G ? Apa nilai dan manfaat jaringan 5G kedepannya? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini masih sering timbul.

SVP-Head of Technology Assurance Indosat Ooredoo Joko Riswadi mengatakan, kecepatan tinggi, latensi rendah, dan kemampuan penanganan data 5G yang besar akan menjadi dobrakan yang merevolusi pengalaman konsumen serta operasi bisnis. ” Teknologi 5G akan mendorong pemulihan ekonomi Indonesia, transformasi digital, serta pengaplikasian industri 4.0,” ujarnya.



Sementara itu, Head of Network Solutions Ericsson Indonesia Ronni Nurmal menyebut bahwa kolaborasi antar semua pemangku kepentingan dalam ekosistem 5G diperlukan untuk memungkinkan layanan jaringan 5G di akses lebih luas.
Nah, berikut manfaat jaringan 5G:

1. Kecepatan dan Kapasitas
6 Manfaat Jaringan 5G yang Tidak Anda Ketahui

5G dirancang bisa memberi lebih banyak kapasitas dalam jaringan. Sehingga perangkat bisa mendapat kecepatan data lebih tinggi. Contohnya, pengguna 4G atau 3G mungkin pernah mengalami kesulitan mengakses jaringan di konser yang ramai. Nah, di 5G hal ini tidak akan terjadi.

2. Hiburan Lebih Baik
6 Manfaat Jaringan 5G yang Tidak Anda Ketahui

Di 2022, Ericsson dan Ooredo akan menggelar pengalaman 5G dalam acara olahraga di Qatar. Penggemar sepak bola bisa menikmati pengalaman streaming bola secara interaktif dan real time lewat kecepatan jaringan tinggi, latensi rendah, dan kapasitas data besar.

3. Konektivitas
6 Manfaat Jaringan 5G yang Tidak Anda Ketahui

Berkat teknologi IoT (Internet of Things), jaringan 5G menawarkan tingkat konektivitas berbeda. Tidak perlu lagi khawatir lupa mematikan kompor saat hendak meninggalkan rumah. Dengan jaringan 5G, pengguna dapat mengontrol dan terhubung dengan perangkat yang mendukung konsep smart living.

4. Streaming 4K
6 Manfaat Jaringan 5G yang Tidak Anda Ketahui

Di Korea Selatan, konser virtual telah berhasil disiarkan dalam format 4K menggunakan teknologi 5G dengan lancar tanpa lag dan visual buram. Sehingga membuat pengguna merasakan euforia konser sesungguhnya dengan visual resolusi tinggi. Di masa depan, teknologi musik yang terhubung dapat menyatukan musisi, produser musik, dan recording engineer dari tempat berbeda.

5. Extended reality (XR), VR, AR, dan MR
Teknologi Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality dengan teknologi 5G, AR, dan VR bisa dinikmati. Misalnya, pengalaman belanja online yang imersif. Teknologi XR di era 5G juga dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bagi konsumen, perusahaan, dan lembaga publik di berbagai sektor seperti hiburan, training, pendidikan, remote support, remote control, komunikasi, dan virtual meeting.

6. Tidak Menggantikan 4G
5G tidak menggantikan 4G, seperti bagaimana 4G menyalip 3G. Akan ada transisi dari 4G ke 5G. Faktanya 4G akan ada bersama-sama dengan 5G hingga ekosistem, jaringan, dan aplikasi berevolusi ke generasi terbaru.

5G akan digunakan dalam operasi multi-band termasuk di band 4G yang sudah ada. Teknologi Ericsson Spectrum Sharing akan memberi fungsi unik, memungkinkan operator menyediakan layanan 4G dan 5G pada radio yang sama dengan peningkatan software.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)