Antisipasi Trafik Nataru, Smartfren Fokus Perkuat Internet di Pemukiman

Rabu, 22 Desember 2021 - 22:05 WIB
loading...
Antisipasi Trafik Nataru, Smartfren Fokus Perkuat Internet di Pemukiman
Smartfren fokus perkuat jaringan di kawasan perumahan. Tampak BTS Smartfren di Tangerang. Foto: dok Smartfren
A A A
JAKARTA - Menjelang Natal dan Tahun Baru Smartfren melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimasi jaringan guna mengantisipasi potensi kenaikan trafik layanan internet.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan, seiring perubahan pola mobilitas masyarakat, pada hari raya Natal dan Tahun Baru 2022 diprediksi akan terjadi kenaikan trafik layanan internet tertinggi di wilayah pemukiman.


”Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online, dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online,” ujar Agus dalam keterangan tertulis, Rabu (22/12).

Pada saat Natal, kenaikan trafik layanan internet secara nasional diprediksi mencapai 5-8 persen dibanding hari biasa. Kenaikan trafik tertinggi di masa Natal diperkirakan terjadi di wilayah Jabodetabek dengan peningkatan 10 persen.

Sedangkan pada saat tahun baru, diperkirakan kenaikan trafik layanan internet secara nasional mencapai 10-15 persen dibanding hari biasa.

Sementara pada tahun baru diperkirakan kenaikan trafik tertinggi terjadi di wilayah Jabodetabek dengan peningkatan 15 persen.
Untuk itu Smartfren telah melakukan peningkatan kapasitas jaringan hingga 15 persen secara nasional.

Sejumlah wilayah yang diprediksi mengalami peningkatan kebutuhan layanan internet seperti Jabodetabek dan Jawa Tengah juga telah mendapatkan peningkatan kapasitas jaringan hingga 20 persen lebih tinggi dari hari biasa.

Selain peningkatan jaringan, Smartfren telah mengerahkan teknologi seluruh network, seperti multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4x4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6958 seconds (0.1#10.140)