Kingston Canvas React Plus 128 GB, Kartu Memori untuk Videografer dan Pilot Drone

Selasa, 09 Juni 2020 - 11:31 WIB
loading...
Kingston Canvas React Plus 128 GB, Kartu Memori untuk Videografer dan Pilot Drone
Memori berkapasitas besar mampu menulis dengan cepat kini semakin dibutuhkan oleh para videografer profesional karena butuh bekerja dengan file video berukuran besar.
A A A
JAKARTA - Para videografer, pilot drone , maupun fotografer yang terbiasa bekerja dengan file video/foto beresolusi besar idealnya memang selalu bekerja dengan ini: kartu memori berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar.Alasannya sederhana, video beresolusi tinggi seperti 4K atau bahkan 8K butuh ”kanvas” untuk menulis dengan cepat. Jika tidak cepat, proses perekaman video bisa terganggu. BACA JUGA -Review DJI Mavic Air 2, Ketahui Plus Minusnya Sebelum Beli!

Mulai lamanya waktu yang dibutuhkan untuk merekam file video ke memori, hingga memunculkan risiko gagal simpan. Tentu itu menjadi hal terakhir yang diinginkan para kreator/videografer. Sebab, sebuah momen tidak akan terulang dua kali.

BACA JUGA -Suka Traveling? Ini Tips Memilih Ponsel yang Cocok untuk Teman Jalan

Lalu, apa solusinya? Sederhana. Cari kartu memori yang memiliki kecepatan tinggi. Yang mampu menulis sangat cepat.

Sejak 2018 silam, Kingston sudah merilis lini produk memori baru untuk menjawab kebutuhan ini. Namanya, Canvas. Diibaratkan sebagai sebuah “kanvas” yang digunakan oleh kreator untuk merekam karya mereka.

Di 2020, seri Canvas Plus terbagi dalam tiga varian. Seri Ultimate Canvas React Plus berupa kartu SD dan micro SD hingga 256 GB untuk videografer yang biasa bekerja dengan file 4K atau 8K. Kecepatan menulisnya mencapai 300 Mbps.

Lalu, ada seri Performance Canvas Go! Plus dengan kapasitas maksimal 512 GB dan kecepatan menulis hingga 170 Mbps. Terakhir ada seri Mainstream yang bisa dipakai untuk smartphone atau kamera biasa dengan kapasitas maksimal 512 GB.

UNBOXING
Kingston Canvas React Plus 128 GB, Kartu Memori untuk Videografer dan Pilot Drone

Memori micro SD yang saya coba adalah Canvas React Plus 128 GB. Dari sisi kapasitas, 128 GB cukup ideal. Baik untuk mereka yang bekerja menggunakan kamera DSLR, mirrorless, drone, ataupun smartphone.

Seandainya saya menghabiskan 16 GB memori untuk merekam video dalam sehari, artinya saya masih memiliki waktu 8 hari sampai memori itu penuh. Yang sebenarnya masih sangat longgar mengingat rata-rata waktu traveling saya berkisar 2 hingga 5 hari saja.

Kingston Canvas React Plus 128 GB, Kartu Memori untuk Videografer dan Pilot Drone

Dalam plastik pembelian, pengguna mendapat 1 micro SD adapter, 1 kartu micro SD Canvas React Plus UHS-II 128 GB, serta micro SD reader UHS-II. Saja jaga baik-baik setiap perangkat ini agar tidak tercampur dengan adapter ataupun micro SD reader saya lainnya, karena secara kualitas sangatlah berbeda. Dirancang untuk bisa menghandle micro SD berkecepatan tinggi UHS-II.

DICOBA DENGAN DJI MAVIC AIR 2
Kingston Canvas React Plus 128 GB, Kartu Memori untuk Videografer dan Pilot Drone

Untungnya, saya punya perangkat yang pas untuk menguji Kingston Canvas React Plus 128 GB ini. Idealnya memang saya harus mengetes dulu kecepatannya lewat software seperti CrystalDiskMark. Tapi, saya adalah orang pragmatis. Lebih suka melihat hasil saat digunakan daripada angka-angka di layar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2677 seconds (0.1#10.140)