Temuan Garmin, Orang Indonesia Paling Stres dan Paling Sedikit Olah Raga Saat Pandemi 2021

Selasa, 14 Desember 2021 - 06:48 WIB
loading...
Temuan Garmin, Orang Indonesia Paling Stres dan Paling Sedikit Olah Raga Saat Pandemi 2021
Tingkat stres ini bisa di akibatkan pertempuran melawan pandemi secara terus-menerus. Foto: dok Garmin
A A A
JAKARTA - Indonesia jadi negara dengan tingkat stres tertinggi di Asia pada 2021 dan merupakan negara yang menyisihkan waktu paling sedikit untuk berolahraga.

Hal tersebut terungkap dalam Laporan Data Kesehatan Pengguna Garmin di Asia tahun 2021. Garmin melakukan ini dengan melacak data 60 juta pengguna mereka secara anonim dari Januari hingga September 2021.



Data yang dilacak adalah “Kalori Istirahat” dan “Kalori Aktif”. Kalori Aktif adalah kalori yang Anda bakar melakukan fisik, gerakan, aktivitas.

Perangkat Garmin menghitung kalori aktif berdasarkan tingkat aktivitas, jenis aktivitas Anda, usia, tinggi, berat badan, jenis kelamin dan denyut jantung.

Adapun Kalori Istirahat atau Resting Metabolic Rate (RMR) adalah kalori yang dibakar saat tubuh dalam keadaan diam, tanpa tekanan, dan terjaga.

Temuan Garmin, Orang Indonesia Paling Stres dan Paling Sedikit Olah Raga Saat Pandemi 2021

Psikiater dari JUST! Mental Health Clinic, Taiwan Min-Shan mengatakan, dengan meningkatkan intensitas olahraga atau memperbaiki kebiasaan hidup, masyarakat dapat meningkatkan metabolisme untuk mencapai tujuan kesehatan idealnya.

Lewat jam tangan pintar Garmin, pengguna memang bisa melacak total kalori yang dikonsumsi dan setiap perubahan dalam tingkat metabolisme mereka. Beberapa indikator kesehatan lain seperti tingkat stres, Pulse Ox, pelacakan hidrasi, juga jadi pengingat untuk lebih peduli terhadap kesehatan (health conscious).

Nah, berikut beberapa temuan Garmin dari analisa Big Data mereka:

1. Pengguna dari beberapa negara memiliki rata-rata menit intensitas olah raga mingguan lebih tinggi, serta mengonsumsi lebih banyak kalori daripada negara lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)