Telkomsel Jalin Kolaborasi dengan Kemenperin, Bikin 5G Experience Center

Kamis, 09 Desember 2021 - 18:10 WIB
loading...
Telkomsel Jalin Kolaborasi dengan Kemenperin, Bikin 5G Experience Center
Telkomsel menghadirkan 5G Experience Center dan beragam solusi teknologi telekomunikasi digital yang dimiliki Telkomsel Enterprise dan IoT. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Telkomsel menjalin kolaborasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam pengembangan sumber daya manusia berbasis industri dan teknologi.

Inisiatif strategis ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0) yang diprakarsai oleh Kemenperin.



Pada kesempatan tersebut, Telkomsel menghadirkan 5G Experience Center dan beragam solusi teknologi telekomunikasi digital yang dimiliki Telkomsel Enterprise dan Telkomsel IoT dengan dukungan jaringan 5G.

”Lewat ragam showcase yang dihadirkan Telkomsel, kami berharap dapat membuka peluang lebih luas bagi berbagai sektor industri nasional,” ujar Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangki, dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12).

Selain mendukung peluncuran PIDI 4.0, hadirnya 5G Experience Center juga dipersiapkan Telkomsel untuk menunjukkan kapabilitas ekosistem teknologi digital yang dimiliki Indonesia kepada delegasi Sherpa G20 yang berkunjung ke PIDI 4.0.

Melalui 5G Experience Center, Telkomsel menghadirkan beragam solusi digital yang meliputi Virtual Reality untuk kebutuhan tur pabrik virtual, pelatihan digital, dan sparepart identification.

Ada juga Augmented reality untuk kebutuhan maintenance dan quality, SOP Digital, parameter data dan dokumen secara real-time.
Dan Digital Remote Assistance untuk kebutuhan bantuan ahli jarak jauh secara real-time dengan menggunakan smart glasses.

Juga, ada Robot Otonom (Smart AGV) untuk kebutuhan simulasi penanganan proses material secara rutin di production shop floor. Serta, Robot Patrol untuk menjaga keamanan atau mengawasi lingkungan sekitar tanpa adanya operator secara langsung, yang memungkinkan penghematan manpower secara efisien.

Selain itu, terdapat IoT CyberSecurity & Smart Lock untuk solusi keamanan siber bagi perangkat dan jaringan IoT; IoT Mobility & Supply Chain untuk kebutuhan Fleet Management, Fleetsense driver behavior and fatigue analytical system, dan Control Tower and Order Management System.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7928 seconds (0.1#10.140)