Hacker Sukses Bikin Game Boy Bisa Mainkan Game PlayStation

Rabu, 24 November 2021 - 09:00 WIB
loading...
Hacker Sukses Bikin Game Boy Bisa Mainkan Game PlayStation
Alfonso Rodrigo menggunakan kartrid khusus agar Game Boy Advance lawas miliknya bisa memainkan game PlayStation. Foto/Gizmodo.
JAKARTA - Seorang hacker , Alfonso Rodrigo jadi pusat perhatian karena berhasil membuat konsol permainan lawas Game Bow mampu memainkan permainan baru yang ada di PlayStation. Lewat unggahan video miliknya, pria berdarah latin itu tidak kesulitan memainkan game PlayStation di konsol Game Boy berusia lawas.

Diketahui konsol Game Boy yang dia gunakan adalah Game Boy Advance yang dirilis pada 21 Maret 2001. Alat permainan yang sudah berusia dua dekade itu, sejatinya hanya mampu memainkan game-game 16 bit. Beda dengan koleksi permainan PlayStation yang sudah 32 bit.

Baca juga : Mobil Listrik Oppo Disiapkan Masuk Pasar India di 2024





Uniknya dengan mengandalkan alat khusus buatannya, Alfonso Rodrigo justru tidak kesulitan memainkan game-game PlayStation di Game Boy Advance miliknya.

Di kanal YouTube yang sama, Alfonso Rodrigo menjelaskan bagaimana konsol game yang cukup tua itu bisa memainkan game PlayStation. Caranya adalah dengan membuat sebuah kartrid ROM yang bisa dipasang di bagian belakang Game Boy itu.

Baca juga : Sudah Terjual 50 Juta Unit, Toyota Hadirkan Corolla Edisi Terbatas

Kartrid itu bukan kartrid biasa melainkan kartu besar yang telah diisi dengan Mini Personal Computer Raspberry Pi3. Komputer mini yang juga dijual bebas di Indonesia itu menjalankan emulator RetroPie dan mengalirkan video dan input melalui Port Tautan berorientasi multipemain.

Hasilnya sangat impresif karena Game Boy dengan kartrid khusus itu bisa memainkan game-game PlayStation 2 seperti Crash Bandicoot dan Spyro the Dragon. Alfonso Rodrigo mengatakan terobosan yang dia buat memang tidak akan sama dengan apa yang ditawarkan PlayStation Portable. Tapi setidaknya Anda bisa memanfaatkan Game Boy lama Anda jadi lebih berguna.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE