Meta Digugat Aplikasi Phhhoto Gegara Fitur Boomerang di Instagram

Minggu, 07 November 2021 - 15:04 WIB
loading...
Meta Digugat Aplikasi Phhhoto Gegara Fitur Boomerang di Instagram
Aplikasi foto bernama Phhhoto melayangkan gugatan untuk Meta. Foto/dok
A A A
MENLO PARK - Aplikasi foto bernama Phhhoto melayangkan gugatan untuk Meta, perusahaan induk Facebook yang baru saja melakukan rebranding.

Mengutip laman The Verge, Minggu (7/11/2021), gugatan tersebut dialamatkan atas dasar antimonopoli.

Phhhoto mengklaim bahwa Meta berpura-pura tertarik untuk bekerja sama dengannya, tapi malah mencontek fitur-fitur yang dimiliki Phhhoto dan menyembunyikan namanya dari pencarian sehingga membuat perusahaan gulung tikar.

Adapun teknologi yang dimiliki Phhhoto yakni memungkinkan pengguna menangkap lima bingkai dalam satu titik dan sekali pemotretan. Selanjutnya hasil foto ini dilingkarkan menjadi video pendek untuk dibagikan ke platform-nya maupun di Instagram.



Menurut Phhhoto, salah satu produk Meta, yakni Instagram menyalin fitur utama milik Phhhoto dan merilisnya sebagai Boomerang di Instagram pada 2015.

Saat itu Instagram memblokir Phhhoto dari API Instagram dan dari unggahan Instagram.

"Tindakan Facebook dan Instagram menghancurkan Phhhoto sebagai bisnis yang layak dan merusak prospek investasi perusahaan," kata Phhhoto dalam gugatan yang diajukan mereka di Pengadilan Distrik AS.

Phhhoto mengklaim, kebangkrutannya merupakan akibat langsung dari perilaku anti kompetitif dari Facebook. Padahal, menurut perusahaan, Phhhoto diposisikan tumbuh menjadi media sosial besar, sama dengan perusahaan yang tidak dicampuri oleh Facebook.

Phhhoto yang diluncurkan pada 2014 dan tutup pada 2017, mengklaim memiliki 3,7 juta pengguna aktif bulanan. Selebritas seperti Beyonce, Joe Jonas, Chrissy Teigen, dan Bella Hadid disebut-sebut pernah menggunakan aplikasi ini, dan mengunggahnya ke akun Instagram masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3011 seconds (0.1#10.140)