Daftar Lengkap 151 Aplikasi Android Palsu, Hapus Sekarang Juga dari HP Anda!

Rabu, 03 November 2021 - 20:05 WIB
loading...
Daftar Lengkap 151 Aplikasi Android Palsu, Hapus Sekarang Juga dari HP Anda!
Lembaga riset mencatat aplikasi-aplikasi ini bahkan melakukan promosi di platform media sosial seperti Facebook hingga TikTok untuk mencari korban. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Google baru saja menghapus 151 aplikasi Android yang dianggap sebagai scam. Dampaknya, aplikasi tersebut bisa merekam identitas pengguna hingga menguras rekening.

Meski demikian, sebelum Google menghapusnya, aplikasi-aplikasi tersebut sudah banyak diunduh oleh pengguna. Bahkan, menurut perusahaan cybersecurity Avast, jumlah pengunduhnya sudah tembus 10,5 juta kali.



Karena itu, penting bagi pengguna untuk memastikan bahwa aplikasi-aplikasi ini tidak ada di perangkat mereka.

Problemnya, aplikasi-aplikasi ini terlihat sangat normal. Mulai dari video, foto, spam blocker, hingga game. Namun, ternyata di dalamnya tersimpan malware berbahaya.

Nah, berikut adalah beberapa aplikasi berbahaya yang jangan sampai berada di dalam ponsel Anda:

1. Ultima Keyboard 3D Pro
2. VideoMixer Editor Pro
3. NewVision Camera
4. Wi-Fi Password Unlock
5. GT Sports Racing Online
6. Fitness Ultimate 2021

Avast sendiri merangkum total ada 151 nama aplikasi yang terindikasi memiliki malware di dalamnya. Aplikasi-aplikasi ini bahkan di promosikan lewat media sosial seperti Facebook hingga TikTok untuk menarik pengguna.

Avast memberikan tips bahwa pengguna internet harus selalu berhati-hati sebelum mengunduh aplikasi apapun. Pastikan untuk melihat reviews, dan selalu mengunduh aplikasi dari platform legal dan terpercaya.


”Aplikasi-aplikasi ini bisa menyamar sehingga terlihat seperti aplikasi asli dan normal. Tapi, biasanya mereka mendapatkan ulasan negatif dari pengguna yang sudah mengunduhnya,” tutur Avast.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9053 seconds (0.1#10.140)