Kisah Ibnu Sina Jadi Programmer di Singapura Lewat Program Job Connector

Selasa, 02 November 2021 - 17:10 WIB
loading...
Kisah Ibnu Sina Jadi Programmer di Singapura Lewat Program Job Connector
Ibnu Sina, alumni Purwadhika Digital Technology School, Job Connector Full Stack Web Development, yang kini bekerja sebagai junior solution developer di Werkdone, Singapura. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tidak memiliki latar belakang di bidang teknologi informasi (IT), terbukti bukan menjadi halangan bagi Ibnu Sina, alumni Purwadhika Digital Technology School, Job Connector Full Stack Web Development, yang kini bekerja sebagai junior solution developer di Werkdone, Singapura.

Sebagai lulusan dari jurusan Biokimia, Institut Pertanian Bogor (IPB), Ibnu mengawali karier digitalnya dengan mengikuti program Job Connector di Purwadhika. Sebelumnya selama sekitar 3 bulan dia berjuang mencari pekerjaan di bidang Biokimia, khususnya Bioinformatika, namun tidfak membuahkan hasil.


Alasan Ibnu akhirnya memilih untuk melakukan shifting career karena Ibnu mengaku kesulitan untuk mencari pekerjaan di bidang yang sesuai dengan jurusan kuliahnya tersebut di Indonesia bahkan sempat membuatnya frustasi pada saat itu.

“Waktu itu setelah 3 bulan apply baru ada satu panggilan interview itu pun gak keterima juga. Akhirnya udah sempet mulai depresi dan mulai frustasi juga haduh ini udah 3 bulan gak ngapa-ngapain,” kata dia kepada media.

Namun di bulan ke 4, setelah mendengar podcast Mandy Purwa Hartono selaku Chief Marketing Officer Purwadhika Digital Technology School yang bercerita tentang Purwadhika Digital Technology School dia pun tertarik mengikuti program tersebut. “Apalagi banyak orang shifting career dari yang latar belakangnya non IT sampai bisa kerja jadi developer,” sambungnya.

Dari situ Ibnu memutuskan mengikuti Job Connector Full Stack Web Development di Purwadhika. “Awalnya mengalami struggle, dimana di biokimia terbiasa untuk menghafal, namun berbanding terbalik ketika mulai belajar fundamental javascript yang justru lebih condong ke problem solving, tapi untungnya di minggu ke-3 akhirnya bisa mulai beradaptasi,“ imbuhnya.

Setelah dinyatakan lulus dari Purwadhika Digital Technology School, Ibnu kemudian dihubungi oleh Purwadhika Career Network (PCN) untuk selanjutnya disalurkan kerja ke 500 lebih hiring partner Purwadhika Digital Technology School. “Setiap hari kita akan dihubungi oleh tim PCN untuk diberikan informasi terkait lowongan dari berbagai perusahaan, yang bahkan ternyata jarang bisa kita temukan dalam berbagai situs job portal lainnya,” kata Ibnu.

Sebagai catatan, sejak tahun 1987, Purwadhika Digital Technology School telah menjadi salah satu pioneer di dunia pendidikan teknologi tanah air. Salah satu misinya adalah menciptakan program-program pendidikan yang mampu menjawab kebutuhan dunia industri teknologi khususnya di Indonesia. Salah satu program tersebut adalah program Job Connector.

Program Job Connector adalah program full time training berdurasi 13 minggu dimana para siswa akan belajar secara intensif untuk bisa meraih karier sebagai Digital Marketer, Full Stack Web Developer, UI/UX Designer, dan Data Scientists.

“Sejak pandemi, kami melihat begitu banyak perusahaan yang shifting ke teknologi sehingga jumlah talenta digital yang dibutuhkan kedepannya pasti akan terus meningkat. Program Job Connector kami bisa menjadi solusi dimana melalui program ini, kami akan membantu mereka yang ingin memulai karier di dunia digital dan juga bisa membantu para perusahaan hiring partner mendapatkan talenta digital yang berkualitas,” ujar Mandy.

Dikatakan, melalui program Job Connector di Purwadhika Digital Technology School, para alumni program ini telah berhasil untuk meraih pekerjaan sebagai talenta digital di perusahaan hiring partner Purwadhika Digital Technology School seperti Sinarmas Group, Tokopedia, DOKU, CIMB Niaga, Telkomsel dan masih banyak lagi.

Bahkan di tahun ini, beberapa alumni program Job Connector telah berhasil meraih pekerjaan sebagai talenta digital di perusahaan luar negri, salah satunya yaitu di perusahaan Werkdone asal Singapore.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2391 seconds (0.1#10.140)